Info Akademik

PEKAN KREATIVITAS MAHASISWA UNIVERSITAS NGUDI WALUYO TAHUN 2021


Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan melakukan berbagai hal untuk menumbuh kembangkan inovasi dan kreativitas mahasiswa di Indonesia. Kemahasiswaan melakukan berbagai perubahan, termasuk pemanfaatan teknologi informasi berbasis web untuk pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa dan penambahan kategori baru. Upaya menumbuhkan kreativitas dan inovasi mahasiswa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam membentuk karakter dan keterampilan berpikir serta bertindak mahasiswa. Program Kreativitas Mahasiswa merupakan salahsatu implementasi Tridharma Perguruan Tinggi.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 2001 merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi perguruan tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam upaya mengakomodasi perkembangan ide kreatif dan inovatif mahasiswa, PKM terus dikembangkan dan disempurnakan sehingga mahasiswa mampu mengantisipasi, memahami bahkan berkontribusi untuk mewujudkan tujuan kehidupan dunia yang dicanangkan PBB dalam 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) tahun 2015-2030. PKM juga dirancang untuk mengadopsi teknologi digital yang telah merasuki nyaris di semua sendi kehidupan, oleh karena itu, mulai tahun 2019 diperkenalkan satu bidang baru PKM yaitu PKM-GFK atau PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif. Dengan hadirnya bidang PKM-GFK, maka pada Pedoman PKM 2018 memuat tiga kategori PKM, yakni: 1) PKM 5 Bidang; 2) PKM-KT dan 3) PKM-GFK. Untuk mempermudah pemahaman perbedaan bidang-bidang PKM yang ada, dan untuk meyesuaikan dengan kondisi lingkungan, Pedoman PKM 2018 disempurnakan menjadi Pedoman PKM 2020. Dalam Pedoman PKM 2020, Pedoman PKM dituangkan dalam 9 buku yang terdiri dari Buku 1, Buku 2, dan seterusnya sampai dengan Buku 9. Buku 1 : memuat Penjelasan Umum PKM, Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM, dan PIMNAS. Buku 2 : memuat tentang PKM Bidang Penelitian (PKM-P). Buku 3 : memuat tentang PKM Bidang Kewirausahaan (PKM-K). Buku 4 : memuat tentang PKM Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M). Buku 5 : memuat tentang PKM Bidang Penerapan Teknologi (PKM-T). Buku 6 : memuat tentang PKM Bidang Karsa Cipta (PKM-KC). Buku 7 : memuat tentang PKM GagasanTertulis (PKM-GT). Buku 8 : memuat tentang PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI). Buku 9 : memuat tentang PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK).

Program Kreativitas Mahasiswa sangat mendukung pencapaian indikator kinerja utama (IKU) Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, yaitu meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi. Pencapaian jumlah mahasiswa berprestasi merupakan upaya semua pihak untuk terus konsisten dalam menyelenggarakan program kreativitas mahasiswa dengan baik.

Dengan begitu Universitas Ngudi Waluyo mengadakan seleksi PKM kepada seluruh Mahasiswa Universitas Ngudi Waluyo untuk berkreasi, berkarya untuk mengembangkan ide kreatif dan inovatif.

Sehubungan dengan hal tersebut kami mohon setiap program studi dapat mengirimkan minimal 7 (tujuh) proposal untuk dapat mengikuti seleksi. Adapun Pedoman PKM 2021 sudah kami unggah dan dapat dunduh melalui htpps://s.id/PEDOMAN_PKM serta mahasiswa dapat mengunggah proposal pada htpps://s.id/PKMUNWto2021 . 

Time Line Kegiatan PKM Universitas Ngudi Waluyo :

Pendaftaran dan Submit tanggal 15 - 21 Februari 2021

Review dan Seleksi Internal tanggal 22 - 24 Februari 2021

Revisi Proposal tanggal 24 - 26 Februari 2021

Upload Proposal tanggal 27 - 28 Februari 2021

Batas Akhir Uploas tanggal 28 Februari 2021

Sekian Pengumuman dari Kami, Besar Harapan dapat berpartisipasi untuk Universitas Ngudi Waluyo. 

Lampiran:
surat_pkm_oke.pdf


Jl. Gedongsongo Candirejo - Ungaran
(Kab.Semarang) Jawa Tengah
Telp/Fax: (024)-6925408
Email: humas@unw.ac.id