PROGRAM STUDI

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kemenristek Dikti Republik Indonesia Nomor 262/KPT/I/2016 tertanggal 28 Agustus 2016 tentang Penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudi Waluyo di Kabupaten Semarang, Akademi Kebidanan Ngudi Waluyo di Kabupaten Semarang dan Akademi Keperawatan Ngudi Waluyo di Kabupaten Semarang menjadi Universitas Ngudi Waluyo yang diselenggarakan oleh Yayasan Ngudi Waluyo Ungaran di Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Maka berdasarkan SK tersebut telah diresmikan Universitas Ngudi Waluyo yang merupakan Konversi dan Penggabungan AKPER, AKBID dan STIKES NGUDI WALUYO.
Untuk mengembangkan keilmuan sebagai bentuk kesungguhan Yayasan Ngudi Waluyo untuk mengabdikan diri kepada Negara Indonesia melalui penyelenggaraan Pendidikan Tinggi, yayasan berkomitmen untuk ikut andil dalam kemajuan bangsa ini. Bersamaan dengan dilakukan Penggabungan atau konversi yaitu AKPER, AKBID dan STIKES NGUDI WALUYO dilahirkanlah Program Studi Ilmu Hukum Universitas Ngudi Waluyo.
Keberadaan Fakultas Hukum Universitas Ngudi Waluyo dalam rangka memperkuat sistem hukum di Indonesia memiliki keunggulan dan karakteristik tersendiri, antara lain:

  1. Pendidikan akademik dengan memasukkan muatan mata kuliah Budaya Kesehatan dengan menekankan pada dasar-dasar tata nilai Universitas Ngudi Waluyo yaitu; Spiritual dan Etika, Sehat dan produktif, Profesional dan Global, Responsif dan Peka budaya.
  2. Proses pembelajaran yang mengutamakan kemampuan dan ketrampilan mahasiswa dalam Problem Base Learning dengan mengutamakan pembelajaran (Student Centre Learning) yang berwawasan kesehatan dan berbudaya. Telaah terhadap jurnal-jurnal baik nasional dan internasional dalam setiap program pembelajaran akan memudahkan dan mempercepat pemahaman mahasiswa terhadap aplikasi kasus kasus hukum kesehatan dan penyelesaiannya, sehingga setiap civitas akademika dapat produktif.
  3. Kemampuan Soft Skill, akan memberikan ketrampilan pada mahasiswa dalam ketrampilan non teknis seperti; kemampuan leadership, interpersonal skill, problem solfingyang dapat dilakukan dengan beberapa kegiatan pembelajaran seperti seminar-seminar, presentasi hasil analisa dan pemecahan masalah hukum di masyarakat dan pengembangan kearifan budaya nusantara. Program pembelajaran ini dapat dilakukan dengan pelatihan dan praktik-praktik penerapan hukum.

VISI

Unggul di bidang hukum yang berbudaya sehat dan bereputasi Internasional berbasis pada nilai kejujuran.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi hukum dengan menjunjung tinggi nilai moralitas, nilai integritas dan nilai kemanusiaan dengan berwawasan kesehatan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian profesi hukum yang tangguh, berkualitas dapat bersaing ditingkat nasional maupun Internasional;
  2. Mengembangkan sikap profesionalisme, daya kritis, teguh, objektif, adil dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui penelitian dan pengkajian persoalan di bidang ilmu hukum pada umumnya dan di bidang hukum kesehatan pada khususnya;
  3. Membangun dan mengembangkan budaya hukum yang berbasis pada nilai kejujuran melalui pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial untuk mewujudkan supremasi hukum;
  4. Menjalin kerjasama dengan lembaga nasional dan Internasional.

TUJUAN

Program Studi Hukum di Universitas Ngudi Waluyo mempunyai tujuan :
  1. Mewujudkan program studi hukum sebagai lembaga yang akuntabel dan professional dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi hukum;
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian professional hukum yang tangguh dengan dukungan kemampuan akademik tinggi agar memiliki daya saing di pasar kerja local maupun internasional dan mampu mengembangkan potensi diri dengan dilandasi nilai moral yang tinggi, berbudaya sehat dan berwawasan kesehatan;
  3. Menghasilkan pemikiran dan konsep berdasarkan kajian dan penelitian yang bermutu dalam rangka mewujudkan kehidupan hukum dan meningkatkan kualitas kehidupan dan peka terhadap persoalan hukum di masyarakat;
  4. Melaksanakan tanggung jawab sosial untuk mewujudkan supremasi hukum dan pembangunan budaya hukum yang sehat;

SASARAN

Sasaran yang dicapai dalam Program Studi Hukum Universitas Ngudi Waluyo adalah :
  1. Terwujudnya program studi hukum sebagai lembaga yang akuntabel dan professional dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi hukum;
  2. Terciptanya lulusan yang memiliki keahlian professional hukum yang tangguh dengan dukungan kemampuan akademik tinggi agar memiliki daya saing di pasar kerja local maupun internasional dan mampu mengembangkan potensi diri dengan dilandasi nilai moral yang tinggi, berbudaya sehat dan berwawasan kesehatan;
  3. Tercapainya pemikiran dan konsep berdasarkan kajian dan penelitian yang bermutu dalam rangka mewujudkan kehidupan hukum dan meningkatkan kualitas kehidupan dan peka terhadap persoalan hukum di masyarakat;
  4. Meningkatnya tanggung jawab sosial untuk mewujudkan supremasi hukum dan pembangunan budaya hukum yang sehat;

KOMPETENSI PROGRAM STUDI ILMU HUKUM :

Program Studi Hukum memiliki Dosen lulusan S2 Hukum berpengalaman sebanyak 7 orang pada tahun pertama sesuai dengan ketentuan jumlah minimal dosen tetap yang harus dimiliki, dan memiliki 4 orang Dosen tidak tetap yang telah memiliki kompetensi dan sertifikasi sesuai dengan bidang keilmuannya dalam pengembangan keunggulan Program Studi Hukum yang berbudaya sehat dan berwawasan kesehatan, serta memiliki Dosen Luar bergelar Doktor dan Profesor.

SARANA DAN PRASARANA

Gedung
Kampus yang berlokasi tepat dikaki gunung Ungaran di atas lahan seluas ± 40.000 m2 memberikan suasana yang sejuk , nyaman dan tenang, sangat mendukung bagi kegiatan belajar mengajar. Lokasi kampus berada dekat jalan raya Semarang-Jogja/Solo sehingga mudah terjangkau dari segala penjuru.
Ruang Kuliah
Ruang kuliah berAC yang representative di lengkapi Audio dan LCD Proyektor untuk mendukung proses belajar mengajar.

Fasilitas Pendukung
  • Hot Spot Area
  • Perpustakaan dengan koleksi buku yang lengkap serta ruang yang nyaman
  • Klinik Pelayanan Hukum
  • Laboratorium Hukum
  • Laboratorium Computer
  • Area Parkir yang luas
  • Mushola

KERJASAMA

  • Universitas Negeri Semarang
  • Pemerintah Kabupaten Semarang
  • Polres Semarang
  • PERADI dan IKADIN (sebagai Wadah Advokasi)
  • IPHI (Ikatan Penasehat Hukum Indonesia)


STRUKTUR ORGANISASI

Arista Candra Irawati, S.H.M.H.Adv Ketua Program Studi
Indra Yuliawan ,S.H.M.H.Adv Dosen
Didik Aryanto, S.H.M.Kn Dosen
Khifni Kafa Rufaida, S.H.M.Kn Dosen
Binov Handitya, S.H.M.H Dosen
Rian Sucipto S.H.M.H Dosen
Adi Budi Susilo, SH. MH.Adv Dosen


BIDANG PEMINATAN

Program Studi Hukum UNW dalam arah pengembangannya disusun berdasarkan konsep-konsep inti dari pengembangan Ilmu Hukum baik di tingkat Nasional maupun Asia Tenggara dan dengan memasukkan keunggulan prodi Hukum yang berbudaya sehat dan berwawasan kesehatan.

PROSPEK LULUSAN

Program Studi Hukum Universitas Ngudi Waluyo berkeyakinan kuat memberikan nuansa keunggulan yang sangat mendasar dalam membangun karakter, penegakkan moral dan menjunjung tinggi nilai kejujuran sehingga mampu menciptakan lulusan Sarjana Hukum yang siap mengembangkan diri dan siap bekerja baik secara mandiri maupun dalam tim. Lulusan Program Studi Hukum mempunyai lahan kerja yang sangat luas antara lain sebagai:
  1. Legal drafter, yaitu profesi hukum sebagai perancang hukum terkait perancangan perundang-undangan di Indonesia. Perancangan UU, Perda baik propinsi maupun kabupaten. Legal drafter ada pada departemen pemerintahan baik pusat maupun daerah.
  2. Corporate Lawyer, yaitu profesi hukum yang tergabung dalam asosiasi pengacara. Mereka bekerja memberikan bantuan hukum berupa pendampingan dan konsultasi baik profit maindet maapun non profit sesuai dengan UU Advokat.
  3. Aparatur Negara (Penegak Hukum), yaitu profesi hukum yang ada pada tiga pilar yaitu Jaksa, Hakim maupun kepolisian.
  4. Konsultan hukum, yaitu profesi hukum yang bertugas memberikan pendampingan layanan konsultasi hukum baik pidana, perdata, agraria, pertanahan, lingkungan dan sebagainya.
  5. Legal Educator, yaitu profesi hukum yang bergerak dalam bidang pendidikan hukum di perguruan tinggi dengan melanjutkan ke jenjang S2 Hukum yaitu sebagai dosen fakultas hukum.


KURIKULUM

SMT KODE MATA KULIAH SKS
I   Bahasa Inggris 2
    Hukum Islam 2
    Ilmu Negara 2
    Pendidikan Pancasila 2
    Pendidikan Agama 2
    Pengantar Ilmu Kesehatan 2
    Pengantar Hukum Indonesia 4
    Pengantar Ilmu Hukum 4
      20
II   Hukum Adat 2
    Hukum Dagang 3
    Hukum Perdata 3
    Hukum Pidana 3
    Hukum Tata Negara 3
    Bahasa Indonesia 2
    Antropologi dan Budaya Kesehatan 2
    Ilmu Budaya Dasar 2
      20
III   Pendidikan Kewarganegaraan 2
    Hukum Administrasi Negara 3
    Hukum Agraria 2
    Hukum dan HAM 2
    Hukum Internasional 3
    Hukum Lingkungan 2
    Hukum Kesehatan 2
    Bahasa Jepang 2
    Hukum Pidana Lanjut 2
      20
IV   Hukum Kekerabatan dan Waris Adat 2
    Hukum Kekeluargaan dan Waris Islam 2
    Promosi Kesehatan 2
    Hak Kekayaan Intelektual 2
    Kewirausahaan 2
    Perancangan Kontrak / Legal Drafting 2
    Perancangan Peraturan Perundang undangan 2
    Hukum Pajak 2
    Hukum Otonomi Daerah 2
    Kebijakan Kesehatan 2
      20
V   Hukum Acara Perdata 3
    Hukum Acara Pidana 3
    Hukum Acara PTUN 2
    Hukum Acara Mahkamah Konstitusi 2
    Hukum Ketenagakerjaan 2
    Metode Penelitian dan Penulisan Hukum 2
    Hukum Waris Perdata 2
    Hukum Perbankan 2
    Kebijakan Kesehatan 2
      20
VI   Antropologi Hukum 2
    Alternatif Penyelesaian Sengketa 2
    Etika Profesi Hukum 2
    Pendidikan Anti Korupsi 2
    Hukum Pidana Khusus 2
    Kemahiran Bantuan Hukum 2
    Kriminologi 2
    Kemahiran Litigasi 3
    Kemahiran Non Litigasi 3
    Filsafat Hukum 2
      22
VII   Praktik Kerja Lapangan 4
    Kuliah Kerja Nyata 4
      8
VIII   Skripsi 4
      4