PROGRAM STUDI

Visi dan Misi Prodi

Visi Program Studi Teknik Informatika Universitas Ngudi Waluyo adalah :
“ Pada Tahun 2040, Menjadi Program Studi unggulan dan berkarakter dibidang informatika yang berbudaya sehat dan bereputasi internasional”.

Misi Program Studi Teknik Informatika Universitas Ngudi Waluyo :
Dalam mewujudkan Visi Program Studi maka Misi dari Program Studi adalah sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan kegiatan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dibidang teknik informatika untuk menjamin perkembangan dan peningkatan kualitas program Studi;
  • Menghasilkan lulusan yang unggul, berkarakter budaya sehat, bermutu, bermoral, profesional dibidang informatika termasuk yang berkaitan dengan teknologi kesehatan,
  • Menciptakan suasana akademik yang kondusif bagi civitas akademik untuk secara aktif baik individu maupun kolektif untuk berkembang sesuai etika dan keilmuan,
  • Mengembangkan penelitian/riset unggulan di bidang teknik informatika untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan industri khususnya bidang kesehatan,
  • Menyebarluaskan pengetahuan bidang keinformatikaan khususnya yang berkaitan dengan informatika kesehatan, menjalin kerjasama dengan stakeholders dalam penerapan hasil teknologi informatika kesehatan.

Deskripsi Generik Prodi
Secara generik seorang lulusan Sarjana harus memenuhi kualifikasi yang telah ditetapkan menurut peraturan perundang-undangan yaitu meliputi : (1) Mampu mengaplikasikan bidang kehaliannya dan memanfaatkan ipteks pad bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi, (2) Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam serta mampu memformulasikan penyeselesaian masalah procedural, (3) Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternative solusi secara mandiri dan kelompok dan (4) Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil organisasi.

Deskripsi Spesifik Prodi
Informatika Kesehatan merupakan ilmu yang mengkaji penggunaan Teknologi Informatika dalam menyelesaikan masalah kesehatan. pendekatan Kesehatan merupakan pendekatan yang sangat berbeda dengan kedokteran. Kita kenal dalam kesehatan beberapa pendekatan, antara lain :

  • Promotif
  • preventif,
  • Kuratif dan
  • Rehabilitatif.

Kesehatan merupakan pendekatan preventif dan promotif. Oleh karenanya dalam kajian ilmu terjadi pemisahan dari kedokteran. Berkembang kemudian Kesehatan masyarakat. Pada Informatika Kesehatan terdapat hal yang prinsip yang sangat berbeda dengan Informatika Kedokteran. Pada Informatika Kesehatan beberapa penelusuran masalah akan berawal dari eviden base. Karena itu cakupan informatika kesehatan merupakan cakupan massal bukan individu. Indikator-indikator kesehatan tidak terbentuk secara individu tetapi merupakan komulatif dari massa/public. Pada informatika kesehatan tidak dilakukan intervensi secara personal tetapi secara public. Pada informatika Kesehatan tidak berbasis kuratif dan rehabilitatif tetapi menekankan pendekatan promotif dan preventif. Teknologi pada Informatika Kesehatan digunakan untuk melakukan intervensi secara publik dengan cakupan yang luas.

Rumusan Profil Lulusan Prodi
Prodi.Teknik Infomatika Universitas Ngudi Waluyo tidak akan menimbulkan persaingan tidak sehat dengan perguruan tinggi lainnya karena akan dibedakan dalam bidang peminatan yang ada dari perguruan tinggi pesaing dimana profil lulusan teknik informatika Ngudi Waluyo lebih di arahkan pada bidang informatika kesehatan yang akan terlihat pada mata kuliah pilihan paket spesialis dan tugas akhir nantinya.
Secara umum 3 profil lulusan memiliki persamaan kompetensi sebagai seorang sarjana teknik informatika dengan tambahan keilmuan spesialisasis/pilihan peminatan dalam bidang:

  • Informatika Kesehatan / Medis (peminatan wajib);
  • Komputasi dan Sistem Cerdas;
  • Sistem Informasi;
  • Multimedia dan Visi Komputer
  • Jaringan dan Keamanan Komputer

Tiap peminatan studi mempunyai kompetensi yang hendak dicapai. Dalam kurikulum hal ini diimplementasikan pada pemilihan mata kuliah pilihan paket spesialisasi dan tugas akhir dimana mahasiswa nantinya harus mengambil tujuh mata kuliah pilihan. Empat diantaranya harus merupakan mata kuliah dalam fokus minat wajib program studi yang menjadi ciri khas program studi . Tiga mata kuliah pilihan yanglainnya dapat diambil dari daftar mata kuliah peminatan studi lainnya. Pengambilan mata kuliah di luar peminatan studi bertujuan untuk memperkaya wawasan keilmuan mahasiswa.

Deskripsi Umum Lulusan

No. Profesi Lulusan Deskripsi
1. Praktisi

Mampu merencanakan, menganalisis, mendesain, mengimplementasi dan memelihara proses pengembangan sistem informasi di bidang pelayanan teknologi kesehatan.

2. Konsultan

Mampu memberikan konsultasi dan saran profesional dalam bidang teknologi informasi di dunia industri, pelayanan kesehatan, jasa dan pemerintahan.

3. Akademisi

Mampu melanjutkan studi ke jenjang Magister untuk menjadi tenaga pengajar dalam bidang ilmu komputer/teknik informatika dengan peminatan atau pendalaman ilmu bidang informatika kesehatan

4. Asisten Peneliti

Mampu membantu peneliti untuk menggunakan pengetahuan dan metode-metode ilmiah dalam penelitian bidang ilmu komputer/tenik informatika di bidang informatika kesehatan.

Mata Kuliah yang Mengait pada bahan Kajian

Untuk mewujudkan capaian pembelajaran diatas maka Kurikulum program studi Teknik Informatika memuat mata kuliah yang diturunkan dari bahan kajian sebagai berikut :

NO BAHAN KAJIAN UTAMA MATA KULIAH SKS
01 Algorithm Algoritma dan Pemrograman 1 2
02 Algorithm Algoritma dan Pemrograman 2 2
03 Algorithm Algoritma dan Struktur Data 3
04 Algorithm Teori Bahasa dan Otomata 3
05 Computer Applications and Tools Praktikum Sistem Operasi 1
06 Computer Applications and Tools Praktikum Pemrograman web 1
07 Computer Applications and Tools Praktikum Multimedia 1
08 Computer Applications and Tools Praktikum Algoritma dan Pemrograman 1 1
09 Computer Applications and Tools Praktikum Algoritma dan Pemrograman 2 1
10 Computer Applications and Tools Praktikum Algoritma dan Struktur Data 1
11 Computer Applications and Tools Praktikum Basis Data Relasional 1
12 Computer Applications and Tools Praktikum Pemrograman Berorientasi Objek 1
14 Computer Device and Resources Sistem dan Logika Digital 3
15 Computer Device and Resources Sistem Operasi 2
16 Computer Device and Resources Organisasi dan Arsitektur
Komputer
3
17 Computer Device and Resources Praktikum Jaringan Komputer 1
18 Data System Basis Data Relasional 3
19 Future Trend and Problem Solving Pilihan I 3
20 Future Trend and Problem Solving Pilihan II 3
21 Future Trend and Problem Solving Pilihan III 3
22 Future Trend and Problem Solving Pilihan IV 3
23 Future Trend and Problem Solving Pilihan V 3
24 Future Trend and Problem Solving Pilihan VI 3
25 Future Trend and Problem Solving Pilihan VII 3
26 Future Trend and Problem Solving Tugas Akhir II 6
27 HCI Interaksi Manusia dan Komputer 3
28 Multimedia System Multimedia 3
29 Humaniora and Character Building Pendidikan Anti Korupsi 2
30 Humaniora and Character Building Kebijakan Kesehatan 2
31 Humaniora and Character Building Promosi Kesehatan 2
32 Humaniora and Character Building Ilmu Sosial Budaya Dasar 2
33 Humaniora and Character Building Pengantar Ilmu Kesehatan 2
Humaniora and Character Building Antropologi dan Budaya Kesehatan 2
34 Humaniora and Character Building Pendidikan Agama dan Etika 2
35 Humaniora and Character Building Pengantar Teknik Informatika 2
36 Humaniora and Character Building Pancasila dan Kewarganegaraan 2
37 Industrial and Social Signature, Profesional Skill KKN 4
38 Industrial and Social Signature, Profesional Skill Keprofesian Bidang Informatika 3
39 Industrial and Social Signature, Profesional Skill Kerja Praktek 4
40 Intelligent System Kecerdasan Buatan 3
41 Internet Technology Internet dan Bisnis ICT 3
42 IT-Preuneur and
Communication Skill
Bahasa Indonesia 2
43 IT-Preuneur and
Communication Skill
Bahasa Inggris 1 Reading and Speaking 2
44 IT-Preuneur and
Communication Skill
Bahasa Inggris II Writing and Reading 2
IT-Preuneur and
Communication Skill
Bahasa Jepang 2
45 IT-Preuneur and
Communication Skill
Inovasi dan Kewirausahaan 2
46 Mathematics and Logics Kalkulus 3
47 Mathematics and Logics Aljabar Linear 3
48 Mathematics and Logics Metode Numerik 3
49 Mathematics and Logics Logika Matematika 3
50 Mathematics and Logics Probabilitas dan Statistika 3
51 Mathematics and Logics Matematika Diskret 3
52 Network and
Communication
Jaringan Komputer 3
53 Program Building Pemrograman Berorientasi Objek 3
54 Software Computing Pemrograman Web 3
55 Software Computing Rekayasa Perangkat Lunak 3
56 Software Computing Grafika Komputer 3
57 System Integrator Sistem Informasi 3

Kurikulum Program Studi Teknik Informatika (S1) dirancang dengan masa studi selama empat tahun atau 8 semester beban SKS sebanyak 144 SKS. Pada setiap tahunnya mulai dari tahun pertama sampai tahun terakhir mata kuliah disusun sedemikian rupa untuk mencapai capaian pembelajaran lulusan. Sesuai dengan Permendikbud 49/2014, bobot sks yang terjadwal paling banyak 20 sks persemester. 

VISI

Pada tahun 2025 menjadi program studi unggulan dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang berbudaya sehat dan bereputasi Intenasional.



MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang ilmu Pendidikan Anak Usia Dini yang berbudaya.
  2. Mengembangkan budaya akademik yang berkarakter dan menyebarluaskan ilmu Pendidikan Anak Usia Dini dan teknologi melalui penyelenggaraan penelitian, publikasi ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Membentuk jaringan kerjasama dengan para pemangku kebijakan (stake holder) di dalam dan luar negeri dalam mengembangkan keilmuan Pendidikan Anak Usia Dini.
  4. Membentuk sistem manajemen program studi yang memiliki akuntabilitas dan aksesibilitas serta berbudaya organisasi yang kuat.

TUJUAN:
Adapun tujuan program studi Pendidikan Guru PAUD Universitas Ngudi Waluyo adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi holistic dibidang Pendidikan Anak Usia Dini, berperilaku etis dan professional dan mampu mengembangkan kompetensi secara mandiri dan berkelanjutan.
  2. Mengembangkan profesionalitas dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini untuk mengenali, mengamati, menemukan pendekatan dan penalaran ilmiah dalam rangka mencari dan menyelesaikan akar permasalahan yang dihadapi.
  3. Mendorong nilai-nilai keindonesiaan bagi kemaslahatan masyarakat Indonesia.
  4. Memiliki kehidupan akademik yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa dan jati diri Ngudi Waluyo.
  5. Memiliki dan mengembangkan budaya penelitian di kalangan dosen dan mahasiswa sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing.
  6. Terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil-hasil penelitian untuk menyelesaikan masalah-masalah manajemen aktual di masyarakat berdasarkan tanggung jawab sosial kepada masyarakat.
  7. Membentuk kerjasama dengan lembaga-lembaga atau instansi-instansi lain baik di dalam dan di luar negeri yang terkait dengan Pendidikan Anak Usia Dini untuk memperluas cakrawala lembaga.
  8. Memiliki sistem tata kelola organisasi yang organisasi yang menerapkan nilai-nilai budaya organisasi yang kuat.

BIDANG :PEMINATAN

  1. Seni
    1. Seni tari
    2. Seni musik
    3. Seni Suara
  2. Mahasiswa dapat mendalami berbagai macam seni yang meliputi seni tari, seni music dan seni suara.

  3. Bahasa

    Mahasiswa berkemampuan dalam berbagai bahasa meliputi bahasa lisan dan bahasa isyarat (tuna runguwicara) serta huruf braille (tuna netra).

  4. Multimedia

    Mahasiswa menguasai TI dan mampu berkreasi menciptakan pembelajaran melalui multimedia.


Kompetensi Lulusan:

  1. Menjadi guru PAUD yang professional dan berbudaya sehat dan bereputasi Internasional.
  2. Menjadi manajer PAUD berbudaya sehat bereputasi Internasional.
  3. Menjadi konsultasi PAUD berbudaya sehat dan bereputasi Internasional.
  4. Menjadi peneliti PAUD berbudaya sehat dan bereputasi Internasional.

Mata Kuliah yang akandiampu:

NO MATA KULIAH Jumlah SKS T P L/K Wajib / Pilihan

SEMESTER I

1 Agama 2 2 Wajib
2

Pendidikan Pancasila

2 2 Wajib
3

Bahasa Indonesia

2 2 Wajib
4

Pendidikan Jasmani AUD

2 1 1 Wajib
5

Pengantar IlmuPendidikan

2 2 Wajib
6

Konsep Dasar PAUD

3 2 Wajib
7

Perkembangan Anak Usia Dini I

3 2 Wajib
8

Antropobiologi

2

2

Wajib

9

Pengantar Ilmu Kesehatan

2

2

Wajib

 

Jumlah

20

19

1

-

 

Yayasan Ngudi Waluyo Ungaran resmi didirikan pada tanggal 11 Januari 1994 berdasarkan akta notaris Ny. Elly Ninaningsih SH, No. 24 di Semarang. Kemudian pada tahun 2008 sesuai peraturan perundang-undangan no 63 tahun 2008 ,Yayasan Ngudi Waluyo Ungaran secara resmi terdaftar di DEPKUMHAM dengan SK MENKUMHAM No. AHU-4551.AH.01.02 Tahun 2008 sehingga mulai tahun 2008 sudah memiliki kekuatan PGSD.

Profil dan profesi lulusan PS PGSD

  1. Tenaga Pendidik
    1. Mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan.
    2. Mampu merancang strategi pemecahan berbagai masalah
    3. PGSD yang berbudaya dan berwawasan kesehatan, inovatif, cerdas dan efektif
    4. Mampu mengaplikasikan konsep teori pemecahan masalah
    5. PGSD kesehatan dan berbagai masalah PGSD lainnya
  2. Tenaga Peneliti

    Mampu memecahkan permasalahan pembelajaran serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.

  3. Praktisi dan Konsultan Pendidikan
    1. Mampu mengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, evaluator pelaksanaan pembelajaran dan pengembangan media serta sumber belajar
    2. Mampu mengambil keputusan dalam menetapkan solusi dan alternatif penyelesaian masalah PGSD di kesehatan berdasarkan analisis data dan informasi.
    3. Bertanggung jawab pada pekerjaan secara mandiri dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok. Adaptif dan komunikatif, berbudaya luhur.

VISI

Menjadi prodi sarjana PGSD yang unggul, berbudaya sehat dan bereputasi internasional pada tahun 2040


MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi Guru Sekolah Dasar yang berbudaya sehat untuk menghasilkan Guru Sekolah Dasar yang unggul.
  2. Membangun dan mengembangkan budaya penelitian sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial
  3. Membangun dan mengembangkan budaya pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial
  4. Membangun kerjasama yang sehat dengan pemangku kebijakan selaku stakeholder baik dalam maupun luar negeri.

TUJUAN

  1. Tujuan Bidang Pendidikan
    1. Mewujudkan program studi PGSD sebagai lembaga yang akuntabel dan unggul dalam pendidikan guru sekololah dasar
    2. Menyiapkan pendidikan bagi calon guru sekolah dasar yang memenuhi syarat dan standar kompetensi guru SD meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian dan kepekaan sosial.
    3. Menghasilkan lulusan yang unggul dalam bidang pendidikan Guru sekolah dasar yang tangguh dengan dukungan kemampuan akademik tinggi dan mampu mengembangkan potensi diri dengan dilandasi nilai moral yang tinggi dan berbudaya sehat.
    4. Menghasilkan pemikiran dan konsep berdasarkan kajian dan penelitian yang bermutu dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia.
  2. Tujuan Bidang Penelitian
    1. Menumbuhkembangkan budaya penelitian baik mahasiswa maupun dosen
    2. Meningkatnya kualitas dan jumlah penelitian mahasiswa maupun dosen
    3. Meningkatnya hasil penelitian tentang kependidikan
    4. Terciptanya sistem informasi mengenai penelitian yang bertujuan untuk memudahkan pengaksesan oleh berbagai pihak terkait penelitian.
  3. Tujuan Bidang Pengabdian Kepada Masayarakat
    1. Menumbuhkembangkan budaya pengabdian kepada masyarakat baik mahasiswa maupun tenaga dosen
    2. Meningkatnya kualitas dan jumlah pengabdian kepada mayarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen
    3. Meningkatnya hasil pengabdian kepada masyarakat tentang kependidikan
    4. Terciptanya sistem informasi mengenai pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk memudahkan pengaksesan oleh berbagai pihak terkait penelitian.
  4. Tujuan Bidang Kerjasama

    Meningkatkan kerjasama dengan pihak yang terkait baik didalam ataupun luar negeri


SASARAN

  1. Meningkatkan kemampuan staf pengajar prodi S1 PGSD UNW;
  2. Meningkatkan dan mengembangkan kemampuan akademik calon guru sekolah dasar di dunia pendidikan;
  3. Meningkatkan dan mengembangkan Ilmu serta teknologi dalam bidang manajemen pendidikan pada jenjang sekolah dasar melalui penelitian dan komunikasi;
  4. Mengembangkan konsep teoritik dan filosofis dalam pendidikan jenjang sekolah dasar dan manajemen pendidikan sekolah dasar di Indonesia

KURIKULUM

Smt Kode MK Nama Mata Kuliah* Bobot sks
(1) (2) (3) (4)
I NW72002 Konsep Dasar Matematika SD 3
NW72046 Pembelajaran Terpadu 2
NW72053 Pengantar Ilmu Kesehatan 2
NW72059 Agama Islam 2
NW72001 Bahasa Inggris 2
NW72060 Bimbingan Konseling 2
NW72066 Kewarganegaraan 2
NW72003 Konsep Dasar IPA 2
NW72007 Kajian Dasar IPS SD 3
II NW72004 Kajian Bahasa Indonesia SD 3
NW72005 Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan 2
NW72006 Pendidikan Olah raga dan Kesehatan 3
NW72008 Psikologi Perkembangan 2
NW72010 Media Pembelajaraan di SD 2
NW72011 Pendidikan Bahasa Jawa 2
NW72063 Pengantar Teknologi Informasi 2
NW72017 Manajemen Kelas /sekolah 2
NW72061 Ilmu Pendidikan 2
III NW72067 Pendidikan Pancasila 2
NW72056 Antropologi dan budaya kesehatan 2
NW72051 Bahasa Jepang 2
NW72012 Ketrampilan Berbahasa dan Bersastra Indonesia 3
NW72013 Pendidikan IPS SD 3
NW72014 Strategi Pembelajaran 3
NW72015 Pembelajaran Bilangan dan Pengolahan Data di SD 3
NW72062 Pendidikan Kewarganegaraan 2
IV NW72018 Pengembangan Bahan Pembelajaran PKn 2
NW72059 Komputer Statistik 2
NW72019 Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD Kelas Rendah 3
NW72020 Pembelajaran Geometri dan Pengukuran di SD 3
NW72026 Pengembangan Pembelajaran IPS SD 3
NW72028 Pendidikan Seni Rupa dan Kerajinan Tangan 2
NW72021 Pendidikan IPA SD 2
NW72033 Pemecahan Masalah Matematika 3
V NW72065 Bahasa Indonesia 2
NW72054 Promosi Kesehatan 2
NW72060 Kewirausahaan 2
NW72022 Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD Kelas Tinggi 3
NW72024 Pengembangan Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD 2
NW72025 Pengembangan Kurikulum SD 2
NW72023 Asesmen pembelajaran SD 2
NW72027 Pendidikan Seni Musik 2
NW72038 Penulisan Karya Ilmiah dan Buku Ajar 3
VI NW72037 Pendidikan Seni Tari dan drama 2
NW72044 Penelitian Pendidikan SD 2
NW72031 Statistika Pendidikan 2
NW72032 Pengembangan Pembelajaran IPA SD 2
NW72034 Pengembangan Bahan Pembelajaran Matematika 2
NW72036 Pengembangan Bahan Pembelajaran IPS 2
NW72039 Praktikum IPA 2
NW72040 Pengembangan Pembelajaran Matematika SD 2
NW72061 Microteaching 2
NW72047 Pengembangan Pembelajaran PKn 2
  NW72049 Magang 1 1
  NW72058 Magang 2 1
VII NW72055 Kebijakan Kesehatan 2
NW72052 Pendidikan anti korupsi 2
NW72030 Metode Penelitian Pendidikan 2
NW72035 Pendidikan anak berkebutuhan khusus 2
NW72016 Filsafat Pendidikan 2
NW72057 Pendidikan Multikultural 2
NW72064 Psikologi Pendidikan 2
NW72049 Magang 3 2
VIII NW72058 Skripsi 6
  NW72050 Kuliah Kerja Nyata 4
Total sks 147


Sarana dan Prasarana

  1. Gedung sangat memadai
  2. Hot spot semua area kampus
  3. Perpustakaan pusat
  4. Laboratorium
  5. Sarana olah raga
  6. Asrama mahasiswa
  7. Bus kampus