VISI

Pada tahun 2040 menjadi Fakultas Keperawatan  yang mampu menghasilkan tenaga keperawatan yang professional, berbudaya sehat, bereputasi internasional  dan mampu berkompetisi secara global

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan keperawatan professional yang berkualitas dan bertanggungjawab
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian untuk meningkatkan mutu pelayanan keperawatan
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam pelayanan dan pelatihan keperawatan
  4. Menjalin kerjasama dengan lembaga di dalam dan diluar negeri untuk pelaksaanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi


PROGRAM STUDI

Sejarah lahirnya Program Studi S1 Keperawatan Universitas Ngudi Waluyo berawal dari pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudi Waluyo pada tanggal 5 Juni 2001 dengan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor. 39/ D/O/2001. Saat itu dengan nama Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK).  Landasan pendirian Program Studi ini karena Perubahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan globalisasi dunia berdampak secara langsung terhadap sistem pelayanan kepada masyarakat, termasuk pelayanan kesehatan. Masyarakat bisa mendapatkan informasi secara cepat dan mudah, sehingga tuntutan terhadap pelayanan yang diberikan semakin meningkat, baik di tatanan klinik maupun di komunitas. Mutu pelayanan kesehatan yang diberikan harus terjamin, tidak berisiko, dan dapat memberi kepuasan, termasuk pelayanan keperawatan.

Pelayanan keperawatan yang diberikan kepada masyarakat harus memenuhi standar mutu internasional, yang dapat menjamin keamanan dan kenyamanan klien beserta keluarganya. Perawat dituntut untuk tampil professional saat memberikan asuhan keperawatan serta mampu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak agar pelayanan yang diberikan dilakukan secara komprehensif dan dapat memenuhi kebutuhan dasar, meliputi kebutuhan bio, psiko, sosio dan spiritual klien.  Tuntutan masyarakat yang meningkat terhadap pelayanan keperawatan profesional dan merujuk pada kebijaksanaan pengembangan tenaga kesehatan di Indonesia seperti tercantum dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN).

Dengan latar belakang pendidikan tinggi diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar pada peserta didik untuk menumbuhkan dan membina sikap serta keterampilan profesional yang diperlukan sebagai seorang perawat profesional.

Tingginya minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan S1 Keperawatan sangat tinggi dan tututan pendidikan perawat dari Diploma III menjadi Profesi Ners, sedangkan program studi S1 keperawatan dan Profesi Ners di Indonesia saat itu masih sedikit dan diselenggarakan oleh Universitas Negeri. Di Jawa Tegah sendiri saat itu baru ada satu penyelenggara pendidikan S1 Keperawatan dan Profesi Ners.  Hal inilah yang mendorong didirikanya Program Studi S1 Keperawatan  STIKES Ngudi Waluyo.

Proses pembelajaran program studi ini menerapkan kurikulum Ners yang disepakati secara nasional, pada kurikulum ini terdapat dua program yaitu; pendidikan tahap program akademik dan tahap program profesi.  Lulusan program akademik mendapat gelar Sarjana Keperawatan  disingkat S.Kep.,  dan lulusan program profesi mendapatkan gelar Ners disingkat Ns.  Jadi program Profesi Ners merupakan program lanjutan setelah lulus dari sarjana keperawatan, walaupun secara administratif berdasrakan peraturan kemenristek dikti terbagi menjadi dua program studi yaitu : Program Studi S1 Keperawatan dan Program Studi Profesi Ners.   Gabungan kedua program studi ini disebut sebagai Program Studi Ners.

Program Studi S1 Keperawatan mulai pada bulan September 2001 dengan 2 jenis program yaitu ; Program regular yaitu menerima mahasiswa dari lulusan SMA/SMK/MA atau sejenis, dan program regular transfer yang merupakan alih jenjang dari lulusan diploma III Keperawatan.  Lama pendidikan untuk program regular adalah delapan semester,  dan  regular transfer lama pendidikan tiga semester.  Proses pembelajaran diselenggarakan dari hari senin sampai dengan sabtu, di mulai pagi sampai dengan sore.  Lulusan program studi ini adalah  Sarjana Keperawatan (S.Kep.).  lulusan ini belum memiliki kewenangan menangani pasien secara langsung, karena belum memiliki kompetensi secara penuh sebagai perawat professional.  Harus melanjutkan Program Profesi Ners.

Program Studi Profesi Ners  STIKES Ngudi Waluyo dimulai pada bulan September 2005 berdasarkan keputusan bersama antara Pesatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan  Assosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) tentang penyelenggaraan program profesi ners secara nasional dan diperbaharui melalui surat keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi tanggal 31 Desember 2008 dengan nomor 267/D/O/2008.

Program Profesi Ners merupakan program lanjutan dari program Sarjana Keperawatan, sehingga syarat menggikuti program profesi ners harus sudah lulus dari Program Studi S1 Keperawatan.  Program ini diselenggarakan selama dua semester yang terdiri dari sepuluh stase atau mata ajar dengan jumlah sks sebanyak 36 sks.  Proses pembelajaran dilaksanakan di kampus, Rumah Sakit Umum, Rumah Sakit Jiwa, Puskesmas, Klinik, Panti Sosial, dan Komunitas.  Sejak tahun 2013 perdasarkan peraturan pemerintah mahasiswa setelah lulus Program Profesi Ners wajib mengikuti Uji Kompetensi Ners Indonesia yang diselenggarakan oleh Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI), dimana penyelenggaraanya dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia.  Setelah lulus uji kompetensi peserta mendapatkan sertivikat kompetensi, yang digunakan sebagai salah satu syarat memperoleh Surat Tanda Registrasi (STR) tenaga Kesehatan Indonesia.  STR ini merupakan surat ijin memberikan asuhan keperawatan bagi pasien/klien.

Sejak 29 Agustus 2017 STIKES Ngudi Waluyo, Akper Ngudi Waluyo, dan AKBID Ngudi Waluyo berubah bentuk menjadi Universitas Ngudi Waluyo, karena perubahan ini maka Program Studi Keperawatan berubah menjadi Program Studi S1 Keperawatan di bawah Fakultas Keperawatan.

VISI

Menjadi Program Studi Ners yang menghasilkan tenaga keperawatan professional, berbudaya sehat, dan bereputasi internasional pada tahun 2040

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan keperawatan profesional yang berkualitas dan bertanggung jawab
  2. Menyiapkan peserta didik agar menjadi lulusan yang berintelektualitas, berbudi pekerti luhur, berbudaya sehat dan mentaati Kode Etik Keperawatan Indonesia sehingga mampu bersaing secara nasional dan global.
  3. Menggunakan hasil-hasil riset dalam kegiatan pendidikan keperawatan yang peka budaya untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam pelayanan dan pelatihan keperawatan

TUJUAN

  1. Tujuan Bidang Pendidikan  dan Pengajaran
    1. Meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran dengan mengembangkan sistem  penjaminan mutu pendidikan tinggi yang terstruktur dan berkesinambungan yang mengarah pada standar internasional.
    2. Mengembangkan kehidupan akademik yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa dan jati diri STIKES Ngudi Waluyo. 
    3. Menghasilkan lulusan Ners yang kompetitif di tingkat nasional dan internasional
    4. Menghasilkan lulusan Ners yang mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan keperawatan dalam bidang pendidikan, penelitian serta pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat.
    5. Menghasilkan lulusan Ners yang mampu bersikap dan berperilaku secara profesional dalam berkarya dibidang keperawatan maupun dalam kehidupan di masyarakat
    6. Menghasilkan lulusan Ners yang mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang keperawatan.
  2. Tujuan Bidang Penelitian
    1. Mengembangkan  budaya penelitian di kalangan dosen dan mahasiswa
    2. Meningkatnya kuantitas dan kualitas penelitian pada dosen dan mahasiswa
    3. Terbangunnya sistem informasi penelitian
    4. Meningkatnya produk penelitian keperawatan baik fisik ataupun non fisik dan/atau perolehan Hak Kekayaan Intelektual
  3. Tujuan Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat
    1. Meningkatnya kapabilitas dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan pengabdian masyarakat
    2. Meningkatnya kuantitas dan kualitas pengabdian kepada masyarakat atas dasar tanggung jawab sosial demi kepentingan masyarakat.
    3. Terbangunnya system informasi pengabdian masyarakat
    4. Meningkatnya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berdasar hasil-hasil penelitian keperawatan untuk menyelesaikan masalah-masalah aktual di masyarakat

PIMPINAN PROGRAM STUDI

Struktur Organisasi Program Studi S1 Keperawatan dan Profesi Ners adalah sebagai berikut.

  1. Ketua Program Studi                      : Ns. Faridah Aini, S.Kep., M.Kep., Sp.KMB.
  2. Koordinator Profesi Ners              : Ns. Abdul Wahid, S.Kep., M.Kep., .Sp.Kep.Jiwa.
  3. Koordinator Penelitian dan           : Ns. Yunita Galih Yudanari, S.Kep., M.Kep.

Pengabdian pada Masyarakat

  1. Koordinator Gugus Kendali Mutu : Rosalina, S.Kp., M.Kes.
  2. Bidang Kemahasiswaan                 : Ns. Puji Purwaningsih, S.Kep., M.Kep.
  3. Ketua Departemen KDDK              : Ns. Mona Saparwati, S.Kep., M.Kep.
  4. Ketua Departemen KMB & KGD    : Ns. Priyanto, S.Kep., M,Kep., Ns.Sp.Kep. M.B.
  5. Ketua Departemen Maternitas dan Anak : Ns. Umi Aniroh, S.Kep., M.Kes.
  6. Ketua Departemen Jiwa & Komunitas      : Ns. Suwanti, S.Kep., MNS.
  7. DOSEN

    No. Nama Dosen Tetap  

    NIDN
    Pendidikan dan Asal Perguruan Tinggi Departemen
    1. Ns. Faridah Aini, S.Kep., M.Kep., SP.KMB 0629037605 S1 Keperawatan  & Profesi Ners UNPAD
    S2 Keperawatan UI
    Spesialis I Keperawatan  Medikal Bedah UI
    KMB & GADAR
    2. Raharjo Apriatmoko, SKM., M.Kep 0601047402 S1 Kesehatan Masyarakat  UI
    S2 Manajemen Keperawatan  UI
    Dasar Keperawatan dan Keperaatan Dasar
    3. Gipta Galih W., S.Kp., M.Kep., Sp.KMB 0619047703 S1 Keperawatan  UI
    S2 Keperawatan UI
    Spesialis I Keperawatan  Medikal Bedah UI
    KMB & GADAR
    4. Ns.,Eko Susilo, S.Kep., M.Kep 0627097501 S1 Keperawatan  & Profesi Ners UNPAD
    S2 Keperawatan  Universitas Indonesia
    Dasar Keperawatan dan Keperaatan Dasar
    5. Rosalina, S.Kp., M.Kes 0621127102 S1 Keperawatan  UI
    S2 Biomedis UGM
    KMB & GADAR
    6. Ns. Priyanto, S.Kep., M.Kep., Ns.Sp,Kep.MB. 0625047601 S1 Keperawatan  & Profesi Ners  UNDIP
    S2 Keperawatan UI
    Spesialis I Keperawatan  Medikal Bedah UI
    KMB & GADAR
    7. Ns. Umi Aniroh, S.Kep., M.Kes. 0614087402 S1 Keperawatan  & Profesi Ners UGM
    S2 KIA UNDIP
    Keperawatan Maternitas
    8. Ns. Puji Lestari, S.Kep., M.Kes 0022038101 S1 Keperawatan & Profesi Ners  UGM
    S2 Epidemiologi  UNDIP
    Keperawatan Komunitas
    9. Ns. Mona Saparwati, S.Kp., M.Kep 0628127901 S1 Keperawatan  & Profesi Ners UNDIP
    S2 Manajemen Keperawatan  UI
    Dasar Keperawatan dan Keperaatan Dasar
    10. Ns. Eko Mardiyaningsih, S.Kp., M.Kep., Sp.KMB. 0607037703 S1 Keperawatan  dan Profesi Ners  UNDIP
    S2 Keperawatan  UI
    Spesialis I  Keperawatan  Maternitas UI
    Keperawatan Maternitas
    11. Ns. Zumrotul Choiriyah,S.Kep., M.Kes. 0611067101 S1 Keperawatan  & Profesi Ners STIKES Ngudi Waluyo
    S2 Promosi Kesehatan UNDIP
    Keperawatan  Komunitas
    12. Ns. M.Imron Rosyidi, S.Kep., M.Kep 0606127804 S1 Keperawatan  & Profesi Ners STIKES Ngudi Waluyo

    S2 Manajemen Keperawatan UNDIP

    Dasar Keperawatan dan Keperaatan Dasar
    13 Ns. Abdul Wakhid, S.Kep., M.Kep., Ns.SP.Kep.Jiwa 0602027901 S1 Keperawatan  & Profesi Ners STIKES Ngudi Waluyo
    S2 Keperawatan   UI
    Spesialis  I Keperawatan Jiwa UI
    Keperawatan Jiwa
    14. Ns. Yunita Galih Yudanari, S.Kep., M.Kep. 0612067802 S1 Keperawatan  & Profesi Ners STIKES Ngudi Waluyo
    S2 Keperawatan Medikal Bedah UNPAD
    KMB & GADAR
    15. Ns. Trimawati, S.Kep., Ns., M.Kep. 0622088302 S1 Keperawatan  & Profesi Ners STIKES Ngudi Waluyo
    S2 Keperawatan Anak UGM
    Keperawatan Maternitas dan Anak
    16. Ns. Heni Purwaningsih, S.Kep., M.Kep. 0609088102 S1 Keperawatan  & Profesi Ners STIKES Ngudi Waluyo
    S2 Keperawatan Maternitas UGM
    Keperawatan Maternitas
    17 Ns. Suwanti, S.Kep., MSN. 9906005770 S1 Keperawatan  UMY
    Profesi Ners Keperawatan UMY
    S2 Komunitas Kasetsart University Bangkok Thailan
    Keperawatan Komunitas
    18. Ns. Puji Purwaningsih, S.Kep., M.Kep. 0613027601 S1 Keperawatan  &  Profesi Ners  UNPAD
    S2 Keperawatan Komunitas UNDIP
    Keperawatan Jiwa dan Komunitas
    19. Ns. Sukarno, S.Kep., M.Kep. 0624128204 S1 Keperawatan  & Profesi Ners STIKES Ngudi Waluyo
    S2 Keperawatan Dewasa UNDIP
    KMB & GADAR
    20. Ns. Natalia Devi Oktarina, S.Kep., M.Kep. 9943000006 S1 Keperawatan &  Profesi Ners STIKES Surya Global
    S2 Keperawatan Anak UI
    Spesialis Keperawatan Anak UI  (Studi Lanjut)
    Keperawatan Anak
    21. Ns. Fiki Wijayanti, S.Kep., M.Kep. 9943000016 S1 Keperawatan &   Profesi Ners STIKES Ngudi Waluyo
    S2 Keperawatan Anak UGM 
    Keperawatan  Anak
    22. Ns. Liya Novitasari, S.Kep 9943000017 S1 Keperawatan & Profesi Ners STIKES Ngudi Waluyo
    S2 Keperawatan Jiwa UNBRAW (Studi Lanjut)
    Keperawatan Jiwa
    23. Ns. Tina Mawardika, S.Kep. 9943000018 S1 Keperawatan &  Profesi Ners STIKES Ngudi WaluyoS2 Keperawatan Maternitas UI (Studi Lanjut) Keperawatan Maternitas
    24. Ns. Umi Setyoningrum, S.Kep. 0612118002 S1 Keperawatan  & Profesi Ners STIKES Ngudi Waluyo
    S2 Keperawatan Komunitas UNDIP (Studi Lanjut)
    Keperawatan  Komunitas
    25. Maya Kurnia Dewi, S.S., M.Hum
    .
    0609078202 S1 Sastra Inggris UNDIP
    S2  Sastra UNDIP
    Bahasa
    26. Dewi Rosnita Hardiany, S.S. 0620038302 S1 Sastra Inggris UNDIP
    S2  Linguistik UNDIP
    (studi Lanjut)
    Bahasa


    PROGRAM PENDIDIKAN

    Program pendidikan Ners merupakan program pendidikan akademik profesional, terdiri dari tahap akademik dan profesi. Tahap akademik adalah program pendidikan untuk mencapai kemampuan keilmuan keperawatan dan diberi gelar Sarjana Keperawatan (S.Kep) dilanjutkan dengan tahap profesi melalui program pendidikan untuk mencapat kompetensi perawat dan diberi gelar Ners.

    Pada awal penyelenggaraan program studi pendidikan Sarjana dan Profesi, kelas dikategorikan menjadi dua berdasarkan latar belakang pendidikan calon mahasiswa. Kelas Regular diselenggarakan bagi calon yang memiliki latar belakang SMU/SMK/MA atau sederajat dan kelas Reguler Transfer bagi calon mahasiswa dengan latar belakang pendidikan Diploma III keperawatan.  Program pendidikan bagi mahasiswa kelas Reguler dilaksanakan dalam minimal 8 semester dan maksimal 14 semester, bagi mahasiswa yang memiliki IPK  tinggi dalap menyelesaiakn studi 7 semester.  Sedangkan untuk mahasiswa kelas regular transfer program pendidikan dilaksanakan minimal 3 semester dan maksimal 12 semester. Kurikulum program pendidikan profesi untuk kedua kelas tersebut dilaksanakan dalam minilal 2 semester dan maksimal 6 semester.

    Sesuai dengan kebijakan kurikulum di Universitas Ngudi Waluyo dimana satu jenis program studi pada satu jenjang harus diselenggarakan dengan satu kurikulum, maka sejak tahun ajaran 2016,/2017 kurikulum kelas regular transfer menggunakan kurikulum yang sama dengan kelas Reguler melalui mekanisme transfer kredit dari perolehan kreditnya di program diploma III keperawatan sesuai ketentuan universitas yaitu maksimum 75%.

    KURIKULUM

    Kurikulum yang dilakanakan di Program Studi Ners (Program Studi S1 Keperawatan dan Program Studi Profesi Ners) sejak tahun ajaran 2016/2017 adalah kurikulum pendidikan tinggi berbasis KKNI sesuai  dengan Keputusan Rektor Nomor:003/B-SK/UNW/XII/2016, tanggal 29 Desember 2016 tentang kurikulum Program Studi Diploma, Sarjana, dan Profesi berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang tertuang dalam Peraturan Presiden RI nomer 8 tahun 2012 dan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomer 73 Tahun 2013 tentang penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia bidang Pendidikan Tinggi, serta Permenristek DIKTI nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Kurikulum Pendidikan Ners 2015 terdiri atas kurikulum tahap akademik (Sarjana Keperawatan) dan kurikulum tahap profesi (Ners).  Lulusan sarjana keperawatan sesuai penjenjangan  KKNI berada pada level 6 dan lulusan profesi ners berada pada level 7.

    1. Profil Lulusan Program Studi Ners
      1. Care Provider (Pemberi asuhan keperawatan)
      2. Communicator (Interaksi dan transaksi dengan klien, keluarga, dan tim kesehatan)
      3. Educator dan health promoter (Pendidikan dan promosi kesehatan bagi klien, keluarga dan masyarakat) 
      4. Managerdan leader (Manajemen praktik/ruangan pada tatanan rumah sakit maupun masyarakat)
      5. Researcher (Peneliti )
    2. Capaian Pembelajaran Lulusan

      Capaian pembelajaran lulusan program studi S1Keperawatan dan Profesi Ners adalah sebagia berikut.

      1. Sikap
        1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
        2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
        3. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
        4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
        5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
        6. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
        7. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
        8. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
        9. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
        10. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
        11. mampu bertanggung gugat terhadap praktik profesional meliputi kemampuan menerima tanggung gugat terhadap keputusan dan tindakan profesional sesuai dengan lingkup praktik di bawah tanggungjawabnya, dan hukum/peraturan perundangan;
        12. mampu melaksanakan praktik keperawatan dengan prinsip etis dan peka budaya sesuai dengan Kode Etik Perawat Indonesia;
        13. memiliki sikap menghormati hak privasi, nilai budaya yang dianut dan martabat klien, menghormati hak klien untuk memilih dan menentukan sendiri asuhan keperawatan dan kesehatan yang diberikan, serta bertanggung jawab atas kerahasiaan dan keamanan informasi tertulis, verbal dan elektronik yang diperoleh dalam kapasitas sesuai dengan lingkup tanggungjawabnya.
      2. Penguasaan Pengetahuan
        1. menguasai  filosofi, paradigma, teori keperawatan,  khususnya konseptual model dan middle range theories;
        2. menguasai konsep teoritis ilmu biomedik;
        3. menguasai nilai-nilai kemanusiaan(humanity values);
        4. menguasai teknik, prinsip dan prosedur pelaksanaan  asuhan/ praktik keperawatan yang dilakukan secara mandiri atau berkelompok , pada bidang keilmuan keperawatan dasar, keperawatan medikal bedah, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa, keperawatan keluarga, keperawatan gerontik, dan keperawatan komunitas, serta keperawatan bencana;
        5. menguasai konsep dan teknik penegakkan diagnosis asuhan keperawatan;
        6. menguasai konsep teoretis komunikasi terapeutik; 
        7. menguasai konsep, prinsip, dan teknik penyuluhan kesehatan sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan penyakit pada level  primer, sekunder dan tertier;
        8. menguasai  prinsip dan prosedur bantuan hidup lanjut (advance life support) dan penanganan trauma (basic trauma cardiac life support/BTCLS)  pada kondisi kegawatdaruratan dan bencana;
        9. menguasai konsep dan prinsip manajemen keperawatan secara umum dan dalam pengelolaan asuhan keperawatan kepada klien di berbagai tatanan pelayanan kesehatan;
        10. menguasai pengetahuan faktual tentang sistem informasi asuhan keperawatan dan kesehatan
        11. menguasai prinsip-prinsip K3, hak dan perlindungan kerja ners, keselamatan pasien dan perawatan berpusat atau berfokus pada pasien
        12. menguasai metode penelitian ilmiah.
      3. Keterampilan Umum
        1. bekerja di bidang keahlian pokok untuk jenis pekerjaan yang spesifik, dan memiliki kompetensi kerja yang minimal setara dengan standar kompetensi kerja profesinya;
        2. membuat keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;
        3. menyusun laporan atau kertas kerja atau menghasilkan karya desain di bidang keahliannya berdasarkan kaidah rancangan dan prosedur baku, serta kode etik profesinya, yang  dapat diakses oleh masyarakat akademik;
        4. mengomunikasikan pemikiran/argumen atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi, dan kewirausahaan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara  ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakat terutama masyarakat profesinya;
        5. meningkatkan keahlian keprofesiannya pada bidang yang khusus melalui pelatihan dan pengalaman kerja;
        6. bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang profesinya sesuai dengan kode etik profesinya;
        7. melakukan evaluasi secara kritis terhadap hasil kerja dan keputusan yang dibuat dalam melaksanakan pekerjaannya oleh dirinya sendiri dan oleh sejawat;
        8. memimpin suatu tim kerja untuk memecahkan masalah pada bidang profesinya;
        9. bekerja sama dengan profesi lain yang sebidang dalam menyelesaikan masalah pekerjaan bidang profesinya;
        10. mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi dan kliennya;
        11. mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi untuk keperluan pengembangan hasil kerja profesinya;
        12. meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.
      4. Keterampilan Khusus
        1. mampu memberikan asuhan keperawatan yang lengkap dan berkesinambungan yang menjamin keselamatan klien (patient safety) sesuai standar asuhan keperawatan dan berdasarkan perencanaan keperawatan yang telah atau belum  tersedia;
        2. mampu memberikan asuhan keperawatan pada area spesialisasi (keperawatan medikal bedah, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa, atau keperawatan komunitas (termasuk keperawatan keluarga dan keperawatan gerontik) sesuai dengan delegasi dari ners spesialis;
        3. mampu melaksanakan prosedur penanganan trauma dasar dan jantung (basic trauma and cardiac life support/BTCLS) pada situasi gawat darurat/bencana sesuai standar dan kewenangannya;
        4. mampu memberikan (administering) obat oral, topical, nasal, parenteral, dan supositoria sesuai standar pemberian obat dan kewenangan yang didelegasikan;
        5. mampu menegakkan diagnosis keperawatan dengan kedalaman dan keluasan terbatas berdasarkan analisis data, informasi, dan hasil kajian dari berbagai sumber untuk
        6. menetapkan prioritas asuhan keperawatan;
        7. mampu menyusun dan mengimplementasikan perencanaan asuhan keperawatansesuai standar asuhan keperawatan dan kode etik perawat, yang peka budaya, menghargai keragaman etnik, agama dan faktor lain dari klien individu, keluarga dan masyarakat;
        8. mampu melakukan tindakan asuhan keperawatan atas perubahan kondisi klien yang tidak diharapkan secara cepatdan tepat dan melaporkan kondisi dan tindakan asuhan kepada penanggung jawab perawatan;
        9. mampu melakukan evaluasi dan revisi rencana asuhan keperawatan secara reguler dengan/atau tanpa tim kesehatan lain;
        10. mampu melakukan komunikasi terapeutik dengan klien dan memberikan informasi yang akurat kepada klien dan/atau keluarga /pendamping/penasehat utnuk mendapatkan persetujuan keperawatan yang menjadi tanggung jawabnya;
        11. mampu melakukan studi kasus secara teratur dengan cara refleksi, telaah kritis, dan evaluasi serta peer review tentang praktik keperawatan yang dilaksanakannya;
        12. mampu melaksanakan penanganan bencana sesuai SOP;
        13. mampu melakukan upaya pencegahan terjadinya pelanggaran dalam praktik asuhan keperawatan;
        14. mampu mengelola sistem pelayanan keperawatan dalam satu unit ruang rawatdalam lingkup tanggungjawabnya;
        15. mampu melakukan penelitian dalam bidang keperawatan  untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategis organisasi;
        16. mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program promosi kesehatan, melalui kerjasama dengan sesama perawat, profesional lain serta kelompok masyarakat untuk mengurangi angka kesakitan, meningkatkan gaya hidup dan lingkungan yang sehat.
    3. Sebaran Mata Ajar
    4. Jumlah sks yang harus ditempuh pada masa pendidikan akademik (Sarjana Keperawatan ) sebanyak 146 sks  dilaksanakan dalam 8 semester, dan tahap program profesi ners sebanyak 36 sks dilaksanakan selama 2 semester.



    TAHAPAN AKADEMIK

    1. Kelas Reguler
      NO. `NAMA MATA AJAR   SKS TOTAL
      KODE MA TEORI PRAKTIK KLINIK SKS
      SEMESTER I
      1 Bahasa Indonesia HSE1602 2     2
      2 Keperawatan Dasar I IKD1615 3 1   4
      3 Konsep Dasar Keperawatan I IKD1616 3     3
      4 Agama HSE1601 2     2
      5 Ilmu Dasar Keperawatan I (Anfis & Biokimia) IDK1611 4 1   5
      6 Pancasila HSE1603 2     2
      7 Kewarganegaraan HSE1604 2     2
      JUMLAH   18 2   20
      SEMESTER II
      1 Ilmu Dasar Keperawatan II  (Mikrobiologi, Parasitologi, Farmakologi) IDK1612 4     4
      2 Patofisiologi IDK1613 3     3
      3 Konsep Dasar Keperawatan II IKD1617 3     3
      4 Falsafah dan Teori Keperawatan IKD1619 3  

      3
      5 Psikososial dan Budaya dalam Keperawatan IKD1621 2     2
      6 Pendidikan dan Promosi Kesehatan IKD1622 2 1   3
      7 Keselamatan Pasien dan Keselamatan Kesehatan Kerja dalam Keperawatan IKD1625 1 1   2
                   
      JUMLAH   18 2   20
      SEMESTER III
      1 Keperawatan Dasar II IKD1620 1 1 2 4
      2 Komunikasi dalam Keperawatan IKD1618 2 1 1 4
      3 Keperawatan Medikal Bedah I IKK1631 2 1   3
      4 Keperawatan Maternitas I IKK1632 2 2   4
      5 Keperawatan Anak I IKK1633 2 1   3
      6 Bahasa Inggris 1 HSE1605 2     2
                   
      JUMLAH   11 6 3 20
      SEMESTER IV
      1 Keperawatan Maternitas II IKK1634 1   1 2
      2 Keperawatan Medikal Bedah II IKK1635 2 1   3
      3 Keperawatan Anak II IKK1637 1 1 1 3
      4 Keperawatan  Kesehatan Jiwa I IKK1636 2 1   3
      5 Sistem Informasi Keperawatan IKD1623 1 1   2
      6 Keperawatan menjelang ajal dan paliatif IKD1624 2 1   3
      7 Keperawatan HIV–AIDS IKK1640 1 1   2
      8 Bahasa Inggris 2 HSE1606 2     2
                   
      JUMLAH   12 6 2 20
      SEMESTER V
      1 Keperawatan Medikal Bedah III IKK1638 2 1   3
      2 Keperawatan Kesehatan  Jiwa II IKK1639 2   1 3
      3 Praktik Keperawatan Medikal Bedah IKK1643     3 3
      4 Keperawatan Gawat Darurat IKK1641 2 1 1 4
      5 Keperawatan kritis IKK1642 2 1   3
      6 Keperawatan Komunitas I IKKOM44 2     2
      7 Tehnologi Kesehatan IKD1630 2     2
                   
      JUMLAH   12 3 5 20
      SEMESTER VI
      1 Keperawatan Komunitas II IKKOM45 2 1 1 4
      2 Keperawatan Keluarga IKKOM46 2 1 1 4
      3 Biostatistik IDK1614 1 1   2
      4 Metodologi Penelitian IKD1627 3 1   4
      5 Manajemen Keperawatan IKD1626 3 1   4
      6 Bahasa Inggris Keperawatan HSE1607 1 1   2
                   
      JUMLAH   12 6 2 20
      SEMESTER VII
      1 Keperawatan Gerontik IKKOM47 3 1   4
      2 Keperawatan Bencana IKKOM48 2 1   3
      3 Intervensi Trauma & Krisis IKKOM49 2     2
      4 Toefl HSE1608 2 1   3
      5 Manajemen Mutu IKD1628 2     2
      6 Terapi Komplementer IKD1629 2     2
      7 Kewirausahaan HSE1609 2     2
      8 Penulisan Ilmiah dan Proposal Penelitian TA1650     2 2
                   
      JUMLAH   15 3 2 20
      SEMESTER VIII
      1 Pendidikan anti Korupsi HSE1610 2     2
      2 Skripsi TA1651     4 4
                   
      JUMLAH   2   4 6


    2. Kelas Reguler Transfer

      NO. `NAMA MATA AJAR   SKS TOTAL
      KODE MA TEORI PRAKTIK KLINIK SKS
      SEMESTER I
      1

      Patofisiologi

      IDK1613 3     3
      2

      Konsep Dasar Keperawatan II

      IKD1617 3     3
      3

      Falsafah dan Teori Keperawatan

      IKD1619 3  

      3
      4

      Psikososial dan Budaya dalam Keperawatan

      IKD1621 2     2
      5

      Bahasa Inggris Keperawatan

      HSE1607 1 1   2
      6

      Biostatistik

      IDK1614 1 1   2
      7

      Metodologi Penelitian

      IKD1627 1 1   2
      8

      Tehnologi Kesehatan

      IKD1630 2     2
      9

      Sistem Informasi Keperawatan

      IKD1623 1 1   2
      10

      Keselamatan Pasien dan Keselamatan Kesehatan Kerja dalam Keperawatan

      IKD1625 1 1   2
      JUMLAH   18 5   23
      SEMESTER II
      1

      Keperawatan Maternitas II

      IKK1634 1 1   2
      2

      Keperawatan Anak II

      IKK1637 1 1   2
      3

      Keperawatan Medikal Bedah II

      IKK1635 2 1   3
      4

      Keperawatan Bencana

      IKKOM48 2 1   3
      5

      Keperawatan Kesehatan  Jiwa II

      IKK1639 2     2
      6

      Keperawatan menjelang ajal dan paliatif

      IKD1624 2 1   3
      7

      Penulisan Ilmiah dan Proposal Penelitian

      TA1650     2 2
      8

      Manajemen Keperawatan

      IKD1626 2     2
      9

      Terapi Komplementer

      IKD1629 2     2
      10

      Toefl

      HSE1608 1 1   2
      JUMLAH   15 6 2 23
      SEMESTER III
      1

      Keperawatan kritis

      IKK1642 2 1   3
      2

      Keperawatan Medikal Bedah III

      IKK1638 2 1   3
      3

      Keperawatan Komunitas II

      IKKOM45 2 1   2
      4

      Manajemen Mutu

      IKD1628 2     2
      5

      Intervensi Trauma & Krisis

      IKKOM49 2     2
      6

      Pendidikan anti Korupsi

      HSE1610 2     2
      7

      Kewirausahaan

      HSE1609 2     2
      8

      Skripsi

      TA1651     4 4
      JUMLAH   14 3 4 20


    3. Tahap Profesi Ners
      NO. `NAMA MATA AJAR   SKS TOTAL
      KODE MA TEORI PRAKTIK KLINIK SKS
      SEMESTER I
      1

      Keperawatan Dasar

      IKDP1

      0,5 4,5 5 SKS
      2

      Keperawatan Medikal Bedah

      IKKP1

      0,5 6,5 7 SKS
      3

      Keperawatan Maternitas

      IKKP2

      0,5 3,5 4 SKS
      4

      Keperawatan Anak

      IKKP3

      0,5 3,5 4 SKS
      JUMLAH  

      2 17 19 SKS
      SEMESTER II
      1

      Keperawatan Gawat Darurat

      IKKP5

      0,5 4 4 SKS
      2

      Keperawatan Jiwa

      IKKP4

      0,5 3 3 SKS
      3

      Keperawatan Keluarga

      IKKMP2

      0,5 2 2 SKS
      4

      Keperawatan Komunitas

      IKKMP1

      0,5 3 3 SKS
      5

      Keperawatan Gerontik

      IKKMP3

      0,5 2 2 SKS
      6

      Manajemen Keperawatan

      IKDP2

      0,5 3 3 SKS
      JUMLAH  

      3 14 17 SKS
    4. Fasilitas dan Layanan
      1. Ruang Kuliah
      2. Ruang Tutorial
      3. Ruang Laboratorium Biomedik :
        1. Anatomi
        2. Kimia
        3. Farmacetika
        4. Biologi
      4. Ruang Laboratorium Keperawatan :
        1. Lab. Keperawatan Dasar
        2. Lab. KMB
        3. Lab. Keperawatan Anak
        4. Lab. Keperawatan Maternitas
        5. Lab. Keperawatan Jiwa
        6. Lab. KGD ; IGD, ICU dan intermediate care
        7. Lab. Keperawatan Komunitas
        8. Lab. Keperawatan Keluarga
        9. Lab. Keperawatan Gerontik
        10. Lab. Manajemen Keperawatan
      5. Ruang Laboratorium Penunjang :
        1. Lab. Bahasa
        2. Lab. Komputer
      6. Computer Based Test centre (CBT)
      7. Ruang Perpustakaan
      8. Aula
      9. Ruang Sidang
      10. Sarana Olahraga : bola volley, bola basket, tenis meja, bulu tangkis, karate, pencak silat, dll
      11. Mobil kampus
      12. Mushola
    5. Kerjasama
      1. Kerjasama Dalam Negeri
        No. Nama Lembaga/Instansi/Institusi Jenis Kegiatan
        1

        Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang

        Tri Dharma Perguruan Tinggi

        2

        RSUD Kabupaten Temanggung

        Praktik Kerja Lapangan

        3

        RSUD Ambarawa

        Tri Dharma Perguruan Tinggi

        4

        RST Dr Asmir Salatiga

        Tri Dharma Perguruan Tinggi

        5

        RSUD Tidar Magelang

        Pendidikan, penelitian dan pengembangan dalam kesehatan

        6

        RSJP Prof. Dr Soerojo Magelang

        Tri Dharma Perguruan Tinggi

        7

        RSUD Kota
        SalaTiga

        Tri Dharma Perguruan Tinggi

        8

        RS Dr. Asmir Salatiga

        Praktik Klinik Keperawatan

        9

        RSUD Pandan Arang Boyolali

        Praktik Kerja Lapangan

        10

        RSJD DR. Amino Gondohutomo Semarang

        Tri Dharma Perguruan Tinggi

        11

        RSUD Dr.Moewardi Surakarta

        Praktik Klinik Keperawatan

        12

        RSUD Kota Semarang

        Praktik Klinik Keperawatan

        13

        RSUD Kudus

        Tri Dharma Perguruan Tinggi

        14

        BNP2TKI

        Pengiriman Tenaga Kerja

        15

        Dinkes Kabupaten Temanggung

        Tri Dharma Perguruan Tinggi

        16

        RSUD Tugurejo

        Tri Dharma Perguruan Tinggi

        17

        RSU PKU Muhammadiyah Temanggung

        Tri Dharma Perguruan Tinggi

        18

        RSUD Sunan Kalijaga Demak

        Tri Dharma Perguruan Tinggi

        19

        RS Ken saras

        Tri Dharma Perguruan Tinggi

        20

        Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang

        Tri Dharma Perguruan Tinggi

        21

        RS Aryo Wirawan Salatiga

        Tri Dharma Perguruan Tinggi

        22

        Gadar Medik

        Pelatihan BTCLS

        23

        RSJ Surakarta

        Tri Dharma Perguruan Tinggi

        24

        RS Persahabatan

        Tri Dharma Perguruan Tinggi



      2. Kerjasama Luar Negeri

      3. No. Nama Instansi Jenis
        Kegiatan
        1

        Kementrian Timor Leste

        Tridharma Perguruan Tinggi

        2

        Huawei Group

        Pendidikan dan pelatihan

        3

        Sarojini Corporate (Amerika)

        Peningkatan kompetensi dosen dan mahasiswa

        4

        PT JIPA (Japan Indonesia Program Akademik)

        Program belajar bahasa Jepang dan magang kerja bagi mahasiswa



    6. HASIL AKREDITASI
    7. Program studi S1 Keperawatan dan Program Studi Profesi Ners telah terakreditais oleh LAM PT-Kes dengan hasil Peringkat “B” untuk kedua program studi. Berikut ini sertivikat hasil akreditasi.
      sertifikat akreditasi Program studi S1 Keperawata NWU

      sertifikat akreditasi Program studi S1 Profesi Ners NWU
  1. SEJARAH

    Program Study  D III Keperawatan Universitas Ngudi Waluyo pada awal berdirinya  berbentuk Akademi Keperawatan Ngudi Waluyo yang didirikan oleh Yayasan Ngudi Waluyo pada tahun 1994 berdasarka akte notaris Ny. Elly Ninaningsih, SH notaris No. 24 tanggal 11 Januari 1994 di Semarang dan diubah pada tahun 2008 sesuai dengan peraturan perundang-undangan no. 63 tahun 2008. Yayasan Ngudi Waluyo secara resmi terdaftar di DEPKUMHAM dengan SK MENKUMHAM no. AHU-4551.AH.01.02 tahun 2008.
    Pada awal berdiringa dibawah pembinaan Departemen Kesehatan Republik Indonesia dalam proses pelaksanaan Tridarma perguruan tinggi mendapatkan penilaian akreditasi dari  Badan PPSDM Departemen Kesehatan dengan standar nilai A. Pada tahun 2009 AKPER Ngudi Waluyo beralih pembinaan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta mendapatkan pengakukan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN- PT) dengan jenjang standar B.  Pada tanggal 29 Agustus 2016  berubah bentuk menjadi Universitas Ngudi Waluyo bersama dua institusi lainya dibawah naungan Yayasan Ngudi Waluyo yaitu AKBID Ngudi Waluyo dan STIKES Ngudi Waluyo. Saat ini menjadi Program Study Diploma III Keperawatan Universitas Ngudi Waluyo.

  2. VISI

    Visi Program Studi  Diploma III Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Ngudi Waluyo adalah “menjadi program studi Diploma III Keperawatan yang mampu menghasilkan tenaga keperawatan professional, yang Berbudaya Sehat dan bereputasi Internasional Pada Tahun 2040”

  3. MISI
    1. Menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran  keperawatan yang berbudaya sehat secara berkualiatas untuk  menghasilkan Ahli Madya Keperawatan yang peduli dan kompeten.
    2. Mengembangkan budaya akademik yang sehat dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan tehnologi melalui penyelenggaraan penelitian, publikais ilmiah, dan pengabdian pada masyarakat
    3. Membentuk system manajemen yang memiliki akuntabilitas dan aksesibilitas serta berbudaya organisasi yang sehat
    4. Membentuk jalinan kerjasama yang sehat dengan pemangku kebijakan (stakeholders) dalam negeri dan luar negeri

  4. TUJUAN PROGRAM STUDI
    1. Tujuan Bidang Pendidikan  dan Pengajaran
      1. Meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran dengan mengembangkan sistem  penjaminan mutu pendidikan tinggi yang terstruktur dan berkesinambungan yang mengarah pada standar nasional menuju standar internasional.
      2. Mengembangkan kehidupan akademik yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa dan jati diri  Prodi D. III Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Ngudi Waluyo.
      3. Menghasilkan lulusan diploma III keperawatan  yang kompetitif di tingkat nasional dan internasional
      4. Menghasilkan lulusan diploma III keperawatan  yang mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan keperawatan dalam bidang pendidikan, penelitian serta pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat.
      5. Menghasilkan lulusan diploma III keperawatan  yang mampu bersikap dan berperilaku secara profesional dalam berkarya dibidang keperawatan maupun dalam kehidupan di masyarakat
      6. Menghasilkan lulusan diploma III keperawatan  yang mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang keperawatan.
    2. Tujuan Bidang Penelitian
      1. Mengembangkan  budaya penelitian di kalangan dosen dan mahasiswa
      2. Meningkatnya kuantitas dan kualitas penelitian pada dosen dan mahasiswa
      3. Terbangunnya sistem informasi penelitian
      4. Meningkatnya produk penelitian keperawatan baik fisik ataupun non fisik dan/atau perolehan Hak Kekayaan Intelektual
    3. Tujuan Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat
      1. Meningkatnya kapabilitas dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan pengabdian masyarakat
      2. Meningkatnya kuantitas dan kualitas pengabdian kepada masyarakat atas dasar tanggung jawab sosial demi kepentingan masyarakat.
      3. Terbangunnya system informasi pengabdian masyarakat
      4. Meningkatnya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berdasar hasil-hasil penelitian keperawatan untuk menyelesaikan masalah-masalah aktual di masyarakat
    4. Tujuan Bidang Manajemen dan budaya organisasi yang sehat
      1. Menciptakan tatakelola program studi yang patuh azas dan taat  hukum.
      2. Membentuk budaya manajemen pendidikan yang sehat dan bertanggung jawab.
    5. Tujuan Bidang Kerjasama

      Meningkatkan kerjasama dengan lembaga-lembaga atau instansi-instansi lain baik didalam dan diluar negeri yang terkait untuk memperluas cakrawala lembaga dan memperoleh manfaat serta kebaikan dalam mencapai visi.

  5. PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN

    Pendidikan D-III Keperawatan di Universitas Ngudi Waluyo dilaksanakan selama 6 semester dan dapat diselenggarakan maximal selama 10 semester/5 tahun. Semua Mahasiswa Program Studi D-III Keperawatan Universitas Ngudi Waluyo mendapatkan fasilitas hidup di Asrama sebagai tempat tinggal sekaligus membentuk dan membangun karakter mahasiswa yang memiliki kepribadian yang baik. Dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi pada proses kegiatan pembelajaran  penyelenggara akademik, dosen dan tenaga kependidikan  yang memiliki kualitas unggul dan melaksanakan proses pembelajaran di sesuaikan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditunjang dengan sarana dan prasaranan yang memadahi dengan didukung instasi pelayanan kesehatan (RS, Puskesmas, Daerah Binaan di Kapupaten/Kota wilayah provinsi jawa Tengah) yang terakreditasi.

  6. DISTRIBUSI MATA KULIAH PROGRAM SETUDI D-III KEPERAWATAN.

    SEMESTER I

    NO MATA KULIAH KODE-MK BOBOT K P L/K
    1 Agama NW.1.01 2 2 - -
    2 Ilmu Biomedik Dasar NW.2.01 4 3 1  
    3 Psikologi NW.3.01 2 2 - -
    4 Konsep Dasar Keperawatan NW.4.01 2 2 - -
    5 Keperawatan Dasar NW.4.02 5 3 2 -
    6 Metodologi Keperawatan NW.4.03 2 1 1 -
    7 Komunikasi NW.4.05 2 1 1 -
      J U M L A H   19 14 5 0
      JUMLAH JAM/MINGGU   29 14 15 0

    SEMESTER II

    NO MATA KULIAH KODE-MK BOBOT K P L/K
    1 Gizi dan Diet NW.2.02 2 1 1 -
    2 Patofisiologi NW.2.03 2 2 -  
    3 Farmakologi NW.2.04 3 2 1 -
    4 Etika Keperawatan NW.3.03 2 1 1 -
    5 Bahasa Indonesia NW.1.04 2 1 1 -
    6 Dokumentasi Keperawatan NW.4.04 2 1 1 -
    7 Manajemen Patient Safety NW.4.07 2 1 1 -
    8 Teknologi Informasi NW.4.08 2 2 - -
    9 Praktik klinik Keperawatan Dasar NW.5.01 3 - - 3
      J U M L A H   20 11 6 3
      JUMLAH JAM/MINGGU   38 11 18 9

    SEMESTER III

    NO MATA KULIAH KODE-MK BOBOT K P L/K
    1 Pancasila NW.1.02 2 2 - -
    2 Kewarganegaraan NW.1.03 2 2 -  
    3 Bahasa Inggris 1 (EAP) NW.1.06 3 2 1 -
    4 Manajemen Keperawatan NW.4.06 2 1 1 -
    5 Keperawatan Medikal Bedah I NW.5.02 3 2 1 -
    6 Praktik Klinik keperawatan medikal Bedah I NW.5.03 2 - - 2
    7 Keperawatan Maternitas NW.5.08 2 1 1 -
    8 Praktik Klinik Keperawatan Maternitas NW.5.09 2 - - 2
    9 Promosi Kesehatan NW.4.09 2 1 1 -
      J U M L A H   19 10 4 4
      JUMLAH JAM/MINGGU   34 10 12 12

    SEMESTER IV

    NO MATA KULIAH KODE-MK BOBOT K P L/K
    1 Bahasa inggris 2 (EFN) NW.1.07 2 2 - -
    2 Bahasa Asing (Jepang) NW.1.09 2 2 -  
    3 Pendidikan karakter NW.1.11 3 3 - -
    4 Kebijakan Pemerintah Dalam Pembangunan Kesehatan NW.1.12 2 2 - -
    5 Antropologi Kesehatan NW.3.02 2 2 - -
    6 Keperawatan Medikal Bedah II NW.5.04 3 2 1 -
    7 Praktik Klinik KeperawatanMedikal Bedah II NW.5.05 2 - - 2
    8 Keperawatan Anak NW.5.06 2 1 1  
    9 Praktik Klinik Keperawatan Anak NW.5.07 2 - - 2
      J U M L A H   20 14 2 4
      JUMLAH JAM/MINGGU   32 14 6 12

    SEMESTER V

    NO MATA KULIAH KODE-MK BOBOT K P L/K
    1 Kewirausahaan NW.1.05 2 2 - -
    2 Keperawatan Jiwa NW.5.10 2 1 1 -
    3 Praktik klinik Keperawatan Jiwa NW.5.11 3 - - 3
    4 Keperawatan gawat Darurat dan Manajemen Bencana NW.5.12 5 3 2 -
    5 Keperawatan Keluarga NW.6.01 3 2 - 1
    6 Keperawatan Gerontik NW.6.02 2 1 - 1
    7 Metode Penulisan Karya Ilmiah NW.7.01 2 2 - -
      J U M L A H   19 11 3 5
      JUMLAH JAM/MINGGU   35 11 9 15

    SEMESTER VI

    NO MATA KULIAH KODE-MK BOBOT K P L/K
    1 Bahasa Inggris 3 ( TOEFL Preparation) NW.1.08 2 2 - -
    2 Pendidikan Anti Korupsi NW.1.10 2 2 - -
    3 Praktik klinik Keperawatan Gawat Darurat NW.5.13 6 - - 6
    4 Karya Tulis Ilmiah NW.7.02 3 - - 3
      J U M L A H   13 4 0 9
      JUMLAH JAM/MINGGU   31 4 0 27

    JUMLAH TOTAL SKS, JUMLAH JAM/MINGGU

    JUMLAH BOBOT SKS K P L/K
    SKS TOTAL 110 64 20 25
    JUMLAH JAM/MINGGU   64 60 75
    JUMLAH TOTAL JAM PERKULIAHAN 10400 3200 3200 4000
    PERSENTASE % 31 31 38
     

  7. ANIMO MASYARAKAT DAN PENDAYAGUNAAN LULUSAN

    Minat masyarakat terhadap pendidikan Diploma III Keperawatan Universitas Ngudi Waluyo masih tinggi, kesempatan bekerja lulusan vokasi keperawatan masih terbuka lebar baik di instansi kesehatan/rumah sakit baik milik pemerintah, TNI/POLRI dan swasta. Lulusan Diploma III keperawatan mendapatkan forsi penerimaan perawat di rumah sakit paling banyak jumlahnya dibanding penerimaan tenaga dan jenjang pendidikan kesehatan yang lain. Lulusan Diploma III Keperawatan dapat berkarier di pelayanan perawatan rumah sakit milik pemerintah/swasta baik didalam dan luar negeri. Lulusan Diploma III keperawatan Universitas Ngudi Waluyo selalu di lirik oleh rumah sakit ternama di indonesia dan mereka melakukan perekrutan di Ngudi Waluyo sebelum mahasiswa lulus. Alumni Prodi D-III keperawatan Universitas Ngudi Waluyo dari lulusan pertama hingga sekarang telah bekerja di instansi pelayanan kesehatan banyak yang bekerja sebagai perawat di luar negeri misal di Arab, Kuwait, Jepang bahkan Amerika.