PROGRAM STUDI

Yayasan Ngudi Waluyo Ungaran resmi didirikan pada tanggal 11 Januari 1994 berdasarkan akta notaris Ny. Elly Ninaningsih SH, No. 24 di Semarang. Kemudian pada tahun 2008 sesuai peraturan perundang-undangan no 63 tahun 2008 ,Yayasan Ngudi Waluyo Ungaran secara resmi terdaftar di DEPKUMHAM dengan SK MENKUMHAM No. AHU-4551.AH.01.02 Tahun 2008 sehingga mulai tahun 2008 sudah memiliki kekuatan PGSD.


VISI

Menjadi prodi PGSD unggulan yang berwawasan kesehatan serta berbudaya dan memadukan ilmu pengetahuan, tekonolgi dan budaya Indonesia dalam upaya menghasilkan lulusan yang mampu menghadapi setiap perubahan secara nasional.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi Guru Sekolah Dasar yang bermutu, berwawasan kesehatan dan berbudaya luhur .
  2. Mengembangkan sikap profesionalisme daya kritis dan berjiwa kepemimpinan.
  3. Membangun dan mengembangkan budaya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial

TUJUAN

Adapun yang menjadi tujuan dari didirikannya program studi PGSD di universitas Ngudi Waluyo adalah :
  1. Mewujudkan program studi PGSD sebagai lembaga yang akuntabel dan professional
  2. Menyiapkan pendidikan bagi calon guru sekolah dasar yang memenuhi syarat dan standar kompetensi guru SD meliputi kompetensi pedagogic, kepribadian dan kepekaan sosial.
  3. Menghasilkan lulusanyang memiliki keahlian professional dalam bidang pendidikan
  4. Guru sekolah dasasr yang tangguh dengan dukungan kemampuan akademik tinggi dan mampu mengembangkan potensi diri dengan dilandasi nilai moral yang tinggi, berbudaya dan berwawasan kesehatan
  5. Menghasilkan pemikiran dan konsep berdasarkan kajian dan penelitian yang bermutu dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia.

Keunggulan lainnya Dan karakteristik dari PS PGSD UNW adalah :
  1. Pendidikan akademik dengan mengutamakan strategi pembelajaran Problem Base Learning dengan mengutamakan mahasiswa sebagai pusat pembelajaran (Student Centre Learning) yang berwawasan kesehatan dan berbudaya. Telaah terhadap jurnal-jurnal baik nasional dan internasional dalam setiap program pembelajaran akan memudahkan dan mempercepat pemahaman mahasiswa terhadap aplikasi kasus PGSD kesehatan dan penyelesaiannya.
  2. Pengembangan Soft Skill, akan memberikan ketrampilan pada mahasiswa dalam kemampuan kemampuan non teknis seperti; kemampuan Public speaking, leadership, interpersonal skill yang dapat dilakukan dengan beberapa kegiatan pembelajaran seperti training kepemimpinan dan pengembangan kearifan budaya nusantara. Program pembelajaran ini dilakukan dengan pelatihan dan praktik-praktik penerapan PGSD

Menjadi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)Unggulan berwawasan Kesehatan dna Berbudayadengan memadukan IPTEK dan Budaya Indonesia dalam upaya menghasilkan lulusan yang yang berkopetitif secara nasional
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, berwawasan kesehatan dan budaya luhur
  2. Mengembangankan sikap profesionalism, Budaya kritis dan jiwa kepemimpinan
  3. Membangun budaya literasi
  4. Mengembangkan budaya penelitian dan pengabdian sebagai bentuk tanggungjawab sosial

Profil dan profesi lulusan PS PGSD

S1 PS PGSD Parameter Diskriptif
Tenaga pendidik
  1. Mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan.
  2. Mampu merancang strategi pemecahan berbagai masalah
  3. PGSD yang berbudaya dan berwawasan kesehatan, inovatif, cerdas dan efektif
  4. Mampu mengaplikasikan konsep teori pemecahan masalah
  5. PGSD kesehatan dan berbagai masalah PGSD lainnya
Tenaga peneliti Mampu memecahkan permasalahan pembelajaran serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.
Praktisi dan konsultan pendidikan
  1. Mampu mengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, evaluator pelaksanaan pembelajaran dan pengembangan media serta sumber belajar
  2. Mampu mengambil keputusan dalam menetapkan solusi dan alternatif penyelesaian masalah PGSD di kesehatan berdasarkan analisis data dan informasi.
  3. Bertanggung jawab pada pekerjaan secara mandiri dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok. Adaptif dan komunikatif, berbudaya luhur.

Sarana dan Prasarana

  • Gedung sangat memadai
  • Hot spot semua area kampus
  • Perpustakaan pusat
  • Laboratorium
  • Sarana olah raga
  • Asrama mahasiswa
  • Bus kampus


Struktur Organisasi

Lisa Virdinarti Putra, M.Pd. Ketua Program Studi
Anni Mahlihatul Hawa, M.Pd. Dosen
Muhammad Misbahul Munir, M.Pd. Dosen
Ika Silfiana Arifatul Khoiriyah Dosen
Ela Suryani, M.Pd. Dosen
Desty Putri H, M.Pd. Dosen

 

Kurikulum Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

No Kode MK Nama Mata Kuliah SKS Smt P/T W/P MK Prasarat
1 NW72009 Pengantar Ilmu Pendidikan 2 1 T W -
2 NW72001 Bahasa Inggris 2 1 T W -
3 NW72002 Matematika 3 1 T W -
4 NW72003 Konsep dasar IPA 2 1 T W -
5 NW72004 Kajian Bahasa Indonesia SD 3 1 T W -
6 NW72005 Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan 2 1 T W -
7 NW72006 Pendidikan Olah raga dan Kesehatan 3 1 T W -
8 NW72007 Kajian IPS SD 3 1 T W -
      20        
9 NW72008 Psikologi Perkembangan 2 2 T W -
10 NW72059 Pendidikan Agama 2 2 T W -
11 NW72010 Media Pembelajaraan di SD 2 2 T W -
12 NW72011 Pendidikan Bahasa Jawa 2 2 T W  
13 NW72012 Ketrampilan Berbahasa dan Bersastra Indonesia 3 2 T W -
14 NW 72013 Pendidikan IPS SD 3 2 T W -
15 NW72014 Strategi Pembelajaran 3 2 T W  
16 NW72015 Pembelajaran Bilangan dan Pengolahan Data di SD 3 2 T W -
      20        
17 NW72060 Bimbingan Konseling 2 3 T W -
18 NW72016 Filsafat Pendidikan 2 3 T W -
19 NW72061 Ilmu Pendidikan 2 3 T W -
  NW72017 Manajemen Kelas /sekolah 2 3 T W -
20 NW72018 Pengembangan Bahan Pembelajaran PKn 2 3 T W  
21 NW72062 Pendidikan Kewarganegaraan 2 3 T W -
22 NW72063 Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 3 P/T W -
23 NW72019 Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD Kelas Rendah 3 3 T P/W NW72012
24 NW72020 Pembelajaran Geometri dan Pengukuran di SD 3 3 T P/W NW72015
      20        
25 NW72064 Psikologi Pendidikan 2 4 T W -
26 NW72065 Bahasa Indonesia 2 4 T W -
27 NW72066 Kewarganegaraan 2 4 T W  
28 NW72021 Pendidikan IPA SD 2 4 T W  
29 NW72022 Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD Kelas Tinggi 3 4 T W -
30 NW72023 Asesmen pembelajaran SD 2 4 T W -
31 NW72024 Pengembangan Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD 2 4      
32 NW72025 Pengembangan Kurikulum SD 2 4 T W  
33 NW72026 Pengembangan Pembelajaran IPS SD 3 4 T P/W NW72013
      20        
34 NW72027 Pendidikan Seni Musik 2 5 T W -
35 NW72028 Pendidikan Seni Rupa 2 5 T W -
36 NW72029 Pendidikan Ketrampilan dan Kerajinan Tangan 2 5 T W  
37 NW72030 Metode Penelitian Pendidikan 2 5 T P/W NW72023
38 NW72031 Statistika Pendidikan 2 5 T W -
39 NW72032 Pengembangan Pembelajaran IPA SD 2 5 T P/W NW72017
40 NW72033 Pemecahan Masalah Matematika 3 5 T W -
41 NW72034 Pengembangan Bahan Pembelajaran Matematika 2 5 T W  
42 NW72067 Pendidikan Pancasila 2 5 T W  
      19        
43 NW72035 Pendidikan anak berkebutuhan khusus 2 6 T P/W -
44 NW72036 Pengembangan Bahan Pembelajaran IPS 2 6 T W  
45 NW72037 Pendidikan Seni Tari dan drama 2 6 T W -
46 NW72038 Penulisan Karya Ilmiah dan Buku Ajar 3 6 T P/W NW72030
47 NW72039 Praktikum IPA 2 6 P P/W NW72032
48 NW72040 Pengembangan Pembelajaran Matematika SD 3 6 T P/W NW72033
49 NW72044 Penelitian Pendidikan SD 2 6 T P/W NW72036
50 NW72046 Pembelajaran Terpadu 2 6 T W -
51 NW72047 Pengembangan Pembelajaran PKn 2 8 T W  
      20        
52 NW72048 Magang 1 2 7 T W  
53 NW72049 Magang 2 2 7 T W -
54 NW72050 Kuliah Kerja Nyata 4 7 T W -
      8        
55 NW72051 Bahasa Jepang 2 8 T W  
56 NW72052 Pendidikan anti korupsi 2 8 T W  
57 NW72053 Pengantar Ilmu Kesehatan 2 8 T W  
58 NW72054 Promosi Kesehatan 2 8 T W  
59 NW72055 Kebijakan Kesehatan 2 8 T W  
60 NW72056 Antropologi dan budaya kesehatan 2 8 T W  
61 NW72057 Pendidikan Multikultural 2 7 T P/W  
62 NW72058 Skripsi 6 8 T W  
      20        
      147        

 

Program Studi S1 Sastra Inggris didirikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kemenristek Dikti Republik Indonesia Nomor 262/KPT/I/2016 tertanggal 28 Agustus 2016 tentang Penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudi Waluyo di Kabupaten Semarang, Akademi Kebidanan Ngudi Waluyo di Kabupaten Semarang dan Akademi Keperawatan Ngudi Waluyo di Kabupaten Semarang menjadi Universitas Ngudi Waluyo yang diselenggarakan oleh Yayasan Ngudi Waluyo Ungaran di Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.
Program Studi S1 Sastra Inggris Universitas Ngudi Waluyo mempunyai ciri dan karakteristik yang membedakan dari prodi sastra Inggris di institusi lain, yaitu mempunyai “core kesehatan” sebagai cikal bakal Universitas Ngudi Waluyo yaitu institusi kesehatan. Program studi Sastra Inggris bertekad untuk menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang bahasa dan sastra Inggris dalam rangka mewujudkan  visi universitas  menjadi universitas yang berbudaya sehat dan bereputasi internasional.
Program studi Sastra Inggris Universitas Ngudi Waluyo telah terakreditasi BAN-PT dan berada dibawah Fakultas Ilmu Budaya..


VISI

Menjadi Program Studi Sastra Inggris yang unggul di bidang bahasa dan sastra Inggris yang berbudaya sehat dan bereputasi internasional serta menghasilkan tenaga kebahasaan dan kesusastraan yang berkualitas, dan berdaya saing tinggi pada tahun 2040.

MISI

  1. Melaksanakan pendidikan bahasa, sastra dan budaya ke-Inggrisan yang berbudaya sehat dan bereputasi internasional secara profesional,
  2. Melakukan penelitian di bidang bahasa, sastra dan budaya ke-Inggrisan dengan berbudaya sehat dan bereputasi internasional yang terintegrasi.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang bahasa, sastra dan budaya sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan jaman.
  4. Mengembangkan kerja sama dengan lembaga-lembaga nasional, regional dan internasional dalam bidang bahasa, sastra dan budaya nusantara dan mancanegara. 

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai dan mengaplikasikan ilmu bahasa, sastra dan budaya di berbagai pusat pelayanan kesehatan dan kebudayaan baik nasional, regional, maupun internasional.
  2. Terlaksananya penelitian dan publikasi hasil penelitian di bidang bahasa, sastra dan budaya  yang berwawasan kesehatan dan kebudayaan nasional, regional, dan internasional.
  3. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat di bidang bahasa, sastra, dan budaya dalam bentuk kegiatan yang produktif dan bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Terwujudnya kerjasama dengan stakeholders di dalam dan luar negeri

STRUKTUR ORGANISASI

Ketua Program Studi Budiati, S.Pd. M.Pd
Koordinator Gugus Kendali Mutu Edi Mastuti Rahayu, S.S. M.Hum
Koordinator Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Deswandito Dwi Saptanto, S.S., M.Hum

DOSEN

No Nama Dosen Tetap NIDN Jabatan Akademik Jenjang Pendidikan
Terakhir (S2/S3)
Bidang Keahlian
1 Budiati, S.Pd. M.Pd 0607038201 Asisten Ahli S2 Pendidikan Bahasa Inggris
2 Deswandito Dwi
Saptanto, S.S., M.Hum
  Tenaga Pengajar S2 Susastra/sastra inggris 
3 Edi Mastuti Rahayu, S.S. M.Hum   Tenaga Pengajar S2 Susastra/sastra inggris 
4 Tri Arie Bowo, S.S. M.Hum   Tenaga Pengajar S2 Susastra/sastra inggris 
5 Ratih Laily Nurjanah, S.Pd. M.Pd   Tenaga Pengajar S2 Pendidikan Bahasa Inggris 
6 Nur Amini Yuniati, S.Pd. M.Pd   Tenaga Pengajar S2 Pendidikan Bahasa Inggris 

PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Program Studi Sastra Inggris:
  1. Sastrawan di bidang kesehatan
  2. Lulusan Program Studi Sastra Inggris UNW dapat menghasilkan karya sastra berupa novel, film, dan puisi dengan tema-tema kesehatan sebagai sarana kritik sosial terhadap kesehatan maupun mempropagandakan kesehatan dan program-program kesehatan.
  3. Wartawan (journalist) di bidang kesehatan
  4. Lulusan Program Studi Sastra Inggris UNW dapat menjadi wartawan dengan spesifikasi di bidang kesehatan, sebagai columnist maupun wartawan di berbagai media cetak maupun elektronik.
  5. Penulis di bidang kesehatan
  6. Lulusan Program Studi Sastra Inggris UNW dapat menjadi penulis baik buku berbahasa Inggris maupun penulis lepas di berbagai penerbitan.          
  7. Penerjemah/Interpreter di bidang kesehatan
  8. Lulusan Program Studi Sastra Inggris UNW dapat menjadi penerjemah buku-buku kesehatan di balai bahasa maupun di berbagai penerbit, penerjemah film maupun sebagai interpreter dalam berbagai forum internasional.
  9. Editor
  10. Lulusan Program Studi Sastra Inggris UNW dapat menjadi editor di surat kabar maupun penerbit buku.
  11. Kritikus sastra
  12. Karyawan kantor (komunikator – public relation officer, sekretaris, front office)
  13. Pengajar


  14. Sebaran Mata Kuliah

    Jumlah sks yang harus ditempuh selama studi sebanyak 146 sks baik teori maupun praktek, dilaksanakan dalam 8 semester.

    NO CODE COURSES CREDIT/HRS POSITION PREREQUIST SUBJECTS
    SEMESTER I
    1. NW31101 Islam Education 2 Compulsory  
    NW31102 Protestant Education  
    NW31103 Catholic Education  
    NW31104 Hindu Education  
    NW31105 Buddhist Education  
    2. NW31106 Pancasila Education 2 Compulsory  
    3. NW31107 Civics 2 Compulsory  
    4. NW31301 English Intensive Course (LSRW) 10 Compulsory  
    5. NW31108 Indonesian for Specific Purposes 2 Compulsory  
    6. NW31315 Basic English Grammar 2 Compulsory  
    Subtotal Credits 20    
    SEMESTER II
    1. NW31109 Introduction to Philosophy of Science 2 Compulsory  
    2. NW31201 Pengantar Ilmu Kesehatan 2 Compulsory  
    3. NW31202 Promosi Kesehatan 2 Compulsory  
    4. NW31302 Literal Listening 2 Compulsory NW31301
    5. NW31305 Speaking for Informal Interaction 2 Compulsory NW31301
    6. NW31308 Literal Reading 2 Compulsory NW31301
    7. NW31312 Sentence-based Writing 2 Compulsory NW31301
    8. NW31316 Intermediate English Grammar 2 Compulsory NW31301
    9. NW31401 Introduction to Linguistics 2 Compulsory  
    10. NW31410 Introduction to Literature 2 Compulsory  
    Subtotal Credits 20    
    SEMESTER III
    1. NW31203 Kebijakan Kesehatan 2 Compulsory  
    2. NW31204 Antropologi dan Budaya Kesehatan 2 Compulsory  
    3. NW31303 Interpretive Listening 2 Compulsory NW31302
    4. NW31306 Speaking for Formal Interaction 2 Compulsory NW31305
    5. NW31309 Interpretive and Affective Reading 2 Compulsory NW31308
    6. NW31313 Paragraph-based Writing 2 Compulsory NW31302
    7. NW31317 Advanced English Grammar 2 Compulsory NW31316
    8 NW31402 English Phonology 2 Compulsory NW31401
    9. NW31411 Prose Analysis 2 Compulsory NW31410
    10. NW31412 Poetry Analysis 2 Compulsory NW31410
    Subtotal Credits 20    
    SEMESTER IV
    1. NW31304 Critical Listening 2 Compulsory NW31303
    2. NW31307 Speaking for Academic Purposes 2 Compulsory NW31306
    3. NW31310 Critical Reading 2 Compulsory NW31309
    4. NW31314 Genre-based Writing 2 Compulsory NW31303
    5. NW31318 Grammar in Contexts 2 Compulsory NW31317
    6. NW31403 English Morphology 2 Compulsory NW31401
    7. NW31404 English Syntax 2 Compulsory NW31401
    8. NW31413 Drama Analysis 2 Compulsory NW31410
    9. NW31416 History of English Literature 2 Compulsory NW31410
    10. NW31417 History of American Literature 2 Compulsory NW31410
    Subtotal Credits 20    
    SEMESTER V
    1. NW31311 Extensive Reading 2 Compulsory NW31310
    2. NW31405 Pragmatics 2 Compulsory NW31401
    3. NW31406 English Semantics 2 Compulsory NW31401
    4. NW31407 Semiotics 2 Compulsory NW31402 – NW31407
    5. NW31414 Stylistics 2 Compulsory NW31301
    6. NW31415 Literary Criticism 2 Compulsory NW31301
    7. NW31421 Cross Cultural Understanding 2 Compulsory NW31416-NW31417
    8. NW31423 Translation and Interpreting Theory 2 Compulsory  
    9. NW31319 Academic Writing 2 Compulsory NW31303
    10. NW31408 Sociolinguistics 2 Compulsory NW31402-407
    Subtotal Credits 20    
    SEMESTER VI
    1. NW31409 Psycholinguistics 2 Compulsory NW31401-407
    2. NW31418 English and American Fiction 2 Compulsory NW31410
    3. NW31420 Trends and Issues in Literature 2 Compulsory NW31411-413
    4. NW31422 British/American/Australian Studies 2 Compulsory NW31423
    5. NW31427 Research in Linguistics 2 Compulsory  
    6. NW31428 Research in Literature and Culture 2 Compulsory  
    7. NW31429 Research in Translation and Interpreting 2 Compulsory  
    8. NW31424 Indonesian-English Workshop 2 Compulsory NW31425
    9. NW31601 Thesis Proposal Seminar in ELL 2 Compulsory  
    10 NW31426 Literary Translation 2 Compulsory NW31425
    Sub-total Credits 20    
    SEMESTER VII
    1. NW31701 Internship in ELL (PKL) 4 Compulsory  
    2. NW31702 Kuliah Kerja Nyata (KKN) 4 Compulsory  
    Sub-total Credits 8    
    SEMESTER VIII
    1. NW31602 Sarjana’s thesis in ELL 6 Compulsory  
    2. NW31205 Basic Japanese Language 2 Compulsory  
    3. NW31419 Theater 2 Compulsory  
    4. NW31110 Anti-Corruption Education 2 Compulsory  
    5. NW31428 Interpreting Workshop 2 Compulsory  
    6. NW31512 News Media and Web Journalism Workshop* 2 Elective  
    NW31507 Editing* Elective  
    NW31509 Book Report and Review* Elective  
    7. NW31501 English for Medical Sciences* or 2 Elective  
    NW31502 English for Nursing* or Elective  
    NW31503 English for Tourism* or Elective  
    Sub-total Credits 18    
    Total Credits 146    


    SARANA DAN PRASARANA

    Dalam rangka mendukung proses pembelajaran, area kampus telah difasilitasi dengan wifi di semua area, 2 laboratorium bahasa, ruang perpustakaan dengan koleksi buku-buku yang mendukung perkuliahan serta ruang perkuliahan yang nyaman.


    Sementara untuk memperlancar kemampuan berbicara dan mendalami budaya Amerika maupun Inggris, Program Studi Satstra Inggris telah bekerjasama dengan SOTI (Sarojini Orphanage Trust. Inc.) Amerika, baik untuk penyediaan volunteer maupun benchmarking dan studi. Benchmarking telah dilakukan di Northern Virginia Community College (NOVA), USA.


    Program studi juga melakukan kerjasama dengan Universitas Negeri Semarang (UNNES) dan juga instansi-instansi baik pemerintah maupun swasta.

VISI

Pada tahun 2040 menjadi pusat pendidikan dan pengembangan ilmu bahasa, sastra, dan budaya jepang yang unggul, kritis, kreatif, dan berdaya saing tinggi yang berbudaya sehat dan bereputasi international.

MISI

  1. Mengembangkan system pembelajaran bahasa dan Sastra Jepang yang dinamis, mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta system penjaminan mutu guna menghasilkan sarjana sastra dalam bidang bahasa dan sastra Jepang yang unggul, mandiri, dan berbudaya.
  2. Mengembangkan penelitian unggulan dalam bidang bahasa dan sastra Jepang agar dapat menghasilkan temuan-temuan baru berkualitas tinggi yang bermanfaat bagi pengembangan bahasa dan sastra Jepang di Indonesia.
  3. Mengembangkan berbagai aktivitas di bidang pengabdian kepada masyarakat dengan membangun kemitraan dengan berbagai institusi pemerintah dan swasta, baik ditingkat local, Nasional maupun International.

KEUNGGULAN DAN KELEBIHAN SASTRA JEPANG

Sastra Jepang (S1) Universitas Ngudi Waluyo :
  1. Tenaga pengajar yang profesional
  2. Native Speaker (Orang Jepang)
  3. Mengadakan Club Kaiwa (percakapan), Club Budaya Jepang, dan Club Kanji
  4. Fasilitas internet dengan Hot Spot area tersedia
  5. Ruang kuliah yang representative dilengkapi dengan audio dan LCD proyektor
  6. Fasilitas perpustakaan online
  7. Banyak beasiswa yang tersedia
  8. Telah bekerjasama dengan institusi baik didalam negeri maupun diluar negeri

PROFIL LULUSAN SASTRA JEPANG

Interpreter, Sastrawan, Peneliti, Pengajar, Karyawan Office Staff, Guide, dll.


KURIKULUM

Setiap mahasiswa Program Studi Jepang wajib menyelesaikan bebas studi sebanyak 151 sks dengan rincian 109 sks mata kuliah inti, 42 sks mata kuliah institusional.

VISI

Pada tahun 2025 menjadi program studi unggulan dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang berbudaya sehat dan bereputasi Intenasional.



MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang ilmu Pendidikan Anak Usia Dini yang berbudaya.
  2. Mengembangkan budaya akademik yang berkarakter dan menyebarluaskan ilmu Pendidikan Anak Usia Dini dan teknologi melalui penyelenggaraan penelitian, publikasi ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Membentuk jaringan kerjasama dengan para pemangku kebijakan (stake holder) di dalam dan luar negeri dalam mengembangkan keilmuan Pendidikan Anak Usia Dini.
  4. Membentuk sistem manajemen program studi yang memiliki akuntabilitas dan aksesibilitas serta berbudaya organisasi yang kuat.

TUJUAN:
Adapun tujuan program studi Pendidikan Guru PAUD Universitas Ngudi Waluyo adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi holistic dibidang Pendidikan Anak Usia Dini, berperilaku etis dan professional dan mampu mengembangkan kompetensi secara mandiri dan berkelanjutan.
  2. Mengembangkan profesionalitas dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini untuk mengenali, mengamati, menemukan pendekatan dan penalaran ilmiah dalam rangka mencari dan menyelesaikan akar permasalahan yang dihadapi.
  3. Mendorong nilai-nilai keindonesiaan bagi kemaslahatan masyarakat Indonesia.
  4. Memiliki kehidupan akademik yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa dan jati diri Ngudi Waluyo.
  5. Memiliki dan mengembangkan budaya penelitian di kalangan dosen dan mahasiswa sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing.
  6. Terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil-hasil penelitian untuk menyelesaikan masalah-masalah manajemen aktual di masyarakat berdasarkan tanggung jawab sosial kepada masyarakat.
  7. Membentuk kerjasama dengan lembaga-lembaga atau instansi-instansi lain baik di dalam dan di luar negeri yang terkait dengan Pendidikan Anak Usia Dini untuk memperluas cakrawala lembaga.
  8. Memiliki sistem tata kelola organisasi yang organisasi yang menerapkan nilai-nilai budaya organisasi yang kuat.

BIDANG :PEMINATAN

  1. Seni
    1. Seni tari
    2. Seni musik
    3. Seni Suara
  2. Mahasiswa dapat mendalami berbagai macam seni yang meliputi seni tari, seni music dan seni suara.

  3. Bahasa

    Mahasiswa berkemampuan dalam berbagai bahasa meliputi bahasa lisan dan bahasa isyarat (tuna runguwicara) serta huruf braille (tuna netra).

  4. Multimedia

    Mahasiswa menguasai TI dan mampu berkreasi menciptakan pembelajaran melalui multimedia.


Kompetensi Lulusan:

  1. Menjadi guru PAUD yang professional dan berbudaya sehat dan bereputasi Internasional.
  2. Menjadi manajer PAUD berbudaya sehat bereputasi Internasional.
  3. Menjadi konsultasi PAUD berbudaya sehat dan bereputasi Internasional.
  4. Menjadi peneliti PAUD berbudaya sehat dan bereputasi Internasional.

Mata Kuliah yang akandiampu:

NO MATA KULIAH Jumlah SKS T P L/K Wajib / Pilihan

SEMESTER I

1 Agama 2 2 Wajib
2

Pendidikan Pancasila

2 2 Wajib
3

Bahasa Indonesia

2 2 Wajib
4

Pendidikan Jasmani AUD

2 1 1 Wajib
5

Pengantar IlmuPendidikan

2 2 Wajib
6

Konsep Dasar PAUD

3 2 Wajib
7

Perkembangan Anak Usia Dini I

3 2 Wajib
8

Antropobiologi

2

2

Wajib

9

Pengantar Ilmu Kesehatan

2

2

Wajib

 

Jumlah

20

19

1

-