PROGRAM STUDI

Yayasan Ngudi Waluyo Ungaran resmi didirikan pada tanggal 11 Januari 1994 berdasarkan akta notaris Ny. Elly Ninaningsih SH, No. 24 di Semarang. Kemudian pada tahun 2008 sesuai peraturan perundang-undangan no 63 tahun 2008 ,Yayasan Ngudi Waluyo Ungaran secara resmi terdaftar di DEPKUMHAM dengan SK MENKUMHAM No. AHU-4551.AH.01.02 Tahun 2008 sehingga mulai tahun 2008 sudah memiliki kekuatan PGSD.


VISI

Menjadi prodi PGSD unggulan yang berwawasan kesehatan serta berbudaya dan memadukan ilmu pengetahuan, tekonolgi dan budaya Indonesia dalam upaya menghasilkan lulusan yang mampu menghadapi setiap perubahan secara nasional.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi Guru Sekolah Dasar yang bermutu, berwawasan kesehatan dan berbudaya luhur .
  2. Mengembangkan sikap profesionalisme daya kritis dan berjiwa kepemimpinan.
  3. Membangun dan mengembangkan budaya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial

TUJUAN

Adapun yang menjadi tujuan dari didirikannya program studi PGSD di universitas Ngudi Waluyo adalah :
  1. Mewujudkan program studi PGSD sebagai lembaga yang akuntabel dan professional
  2. Menyiapkan pendidikan bagi calon guru sekolah dasar yang memenuhi syarat dan standar kompetensi guru SD meliputi kompetensi pedagogic, kepribadian dan kepekaan sosial.
  3. Menghasilkan lulusanyang memiliki keahlian professional dalam bidang pendidikan
  4. Guru sekolah dasasr yang tangguh dengan dukungan kemampuan akademik tinggi dan mampu mengembangkan potensi diri dengan dilandasi nilai moral yang tinggi, berbudaya dan berwawasan kesehatan
  5. Menghasilkan pemikiran dan konsep berdasarkan kajian dan penelitian yang bermutu dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia.

Keunggulan lainnya Dan karakteristik dari PS PGSD UNW adalah :
  1. Pendidikan akademik dengan mengutamakan strategi pembelajaran Problem Base Learning dengan mengutamakan mahasiswa sebagai pusat pembelajaran (Student Centre Learning) yang berwawasan kesehatan dan berbudaya. Telaah terhadap jurnal-jurnal baik nasional dan internasional dalam setiap program pembelajaran akan memudahkan dan mempercepat pemahaman mahasiswa terhadap aplikasi kasus PGSD kesehatan dan penyelesaiannya.
  2. Pengembangan Soft Skill, akan memberikan ketrampilan pada mahasiswa dalam kemampuan kemampuan non teknis seperti; kemampuan Public speaking, leadership, interpersonal skill yang dapat dilakukan dengan beberapa kegiatan pembelajaran seperti training kepemimpinan dan pengembangan kearifan budaya nusantara. Program pembelajaran ini dilakukan dengan pelatihan dan praktik-praktik penerapan PGSD

Menjadi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)Unggulan berwawasan Kesehatan dna Berbudayadengan memadukan IPTEK dan Budaya Indonesia dalam upaya menghasilkan lulusan yang yang berkopetitif secara nasional
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, berwawasan kesehatan dan budaya luhur
  2. Mengembangankan sikap profesionalism, Budaya kritis dan jiwa kepemimpinan
  3. Membangun budaya literasi
  4. Mengembangkan budaya penelitian dan pengabdian sebagai bentuk tanggungjawab sosial

Profil dan profesi lulusan PS PGSD

S1 PS PGSD Parameter Diskriptif
Tenaga pendidik
  1. Mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan.
  2. Mampu merancang strategi pemecahan berbagai masalah
  3. PGSD yang berbudaya dan berwawasan kesehatan, inovatif, cerdas dan efektif
  4. Mampu mengaplikasikan konsep teori pemecahan masalah
  5. PGSD kesehatan dan berbagai masalah PGSD lainnya
Tenaga peneliti Mampu memecahkan permasalahan pembelajaran serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.
Praktisi dan konsultan pendidikan
  1. Mampu mengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, evaluator pelaksanaan pembelajaran dan pengembangan media serta sumber belajar
  2. Mampu mengambil keputusan dalam menetapkan solusi dan alternatif penyelesaian masalah PGSD di kesehatan berdasarkan analisis data dan informasi.
  3. Bertanggung jawab pada pekerjaan secara mandiri dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok. Adaptif dan komunikatif, berbudaya luhur.

Sarana dan Prasarana

  • Gedung sangat memadai
  • Hot spot semua area kampus
  • Perpustakaan pusat
  • Laboratorium
  • Sarana olah raga
  • Asrama mahasiswa
  • Bus kampus


Struktur Organisasi

Lisa Virdinarti Putra, M.Pd. Ketua Program Studi
Anni Mahlihatul Hawa, M.Pd. Dosen
Muhammad Misbahul Munir, M.Pd. Dosen
Ika Silfiana Arifatul Khoiriyah Dosen
Ela Suryani, M.Pd. Dosen
Desty Putri H, M.Pd. Dosen

 

Kurikulum Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

No Kode MK Nama Mata Kuliah SKS Smt P/T W/P MK Prasarat
1 NW72009 Pengantar Ilmu Pendidikan 2 1 T W -
2 NW72001 Bahasa Inggris 2 1 T W -
3 NW72002 Matematika 3 1 T W -
4 NW72003 Konsep dasar IPA 2 1 T W -
5 NW72004 Kajian Bahasa Indonesia SD 3 1 T W -
6 NW72005 Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan 2 1 T W -
7 NW72006 Pendidikan Olah raga dan Kesehatan 3 1 T W -
8 NW72007 Kajian IPS SD 3 1 T W -
      20        
9 NW72008 Psikologi Perkembangan 2 2 T W -
10 NW72059 Pendidikan Agama 2 2 T W -
11 NW72010 Media Pembelajaraan di SD 2 2 T W -
12 NW72011 Pendidikan Bahasa Jawa 2 2 T W  
13 NW72012 Ketrampilan Berbahasa dan Bersastra Indonesia 3 2 T W -
14 NW 72013 Pendidikan IPS SD 3 2 T W -
15 NW72014 Strategi Pembelajaran 3 2 T W  
16 NW72015 Pembelajaran Bilangan dan Pengolahan Data di SD 3 2 T W -
      20        
17 NW72060 Bimbingan Konseling 2 3 T W -
18 NW72016 Filsafat Pendidikan 2 3 T W -
19 NW72061 Ilmu Pendidikan 2 3 T W -
  NW72017 Manajemen Kelas /sekolah 2 3 T W -
20 NW72018 Pengembangan Bahan Pembelajaran PKn 2 3 T W  
21 NW72062 Pendidikan Kewarganegaraan 2 3 T W -
22 NW72063 Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 3 P/T W -
23 NW72019 Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD Kelas Rendah 3 3 T P/W NW72012
24 NW72020 Pembelajaran Geometri dan Pengukuran di SD 3 3 T P/W NW72015
      20        
25 NW72064 Psikologi Pendidikan 2 4 T W -
26 NW72065 Bahasa Indonesia 2 4 T W -
27 NW72066 Kewarganegaraan 2 4 T W  
28 NW72021 Pendidikan IPA SD 2 4 T W  
29 NW72022 Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD Kelas Tinggi 3 4 T W -
30 NW72023 Asesmen pembelajaran SD 2 4 T W -
31 NW72024 Pengembangan Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD 2 4      
32 NW72025 Pengembangan Kurikulum SD 2 4 T W  
33 NW72026 Pengembangan Pembelajaran IPS SD 3 4 T P/W NW72013
      20        
34 NW72027 Pendidikan Seni Musik 2 5 T W -
35 NW72028 Pendidikan Seni Rupa 2 5 T W -
36 NW72029 Pendidikan Ketrampilan dan Kerajinan Tangan 2 5 T W  
37 NW72030 Metode Penelitian Pendidikan 2 5 T P/W NW72023
38 NW72031 Statistika Pendidikan 2 5 T W -
39 NW72032 Pengembangan Pembelajaran IPA SD 2 5 T P/W NW72017
40 NW72033 Pemecahan Masalah Matematika 3 5 T W -
41 NW72034 Pengembangan Bahan Pembelajaran Matematika 2 5 T W  
42 NW72067 Pendidikan Pancasila 2 5 T W  
      19        
43 NW72035 Pendidikan anak berkebutuhan khusus 2 6 T P/W -
44 NW72036 Pengembangan Bahan Pembelajaran IPS 2 6 T W  
45 NW72037 Pendidikan Seni Tari dan drama 2 6 T W -
46 NW72038 Penulisan Karya Ilmiah dan Buku Ajar 3 6 T P/W NW72030
47 NW72039 Praktikum IPA 2 6 P P/W NW72032
48 NW72040 Pengembangan Pembelajaran Matematika SD 3 6 T P/W NW72033
49 NW72044 Penelitian Pendidikan SD 2 6 T P/W NW72036
50 NW72046 Pembelajaran Terpadu 2 6 T W -
51 NW72047 Pengembangan Pembelajaran PKn 2 8 T W  
      20        
52 NW72048 Magang 1 2 7 T W  
53 NW72049 Magang 2 2 7 T W -
54 NW72050 Kuliah Kerja Nyata 4 7 T W -
      8        
55 NW72051 Bahasa Jepang 2 8 T W  
56 NW72052 Pendidikan anti korupsi 2 8 T W  
57 NW72053 Pengantar Ilmu Kesehatan 2 8 T W  
58 NW72054 Promosi Kesehatan 2 8 T W  
59 NW72055 Kebijakan Kesehatan 2 8 T W  
60 NW72056 Antropologi dan budaya kesehatan 2 8 T W  
61 NW72057 Pendidikan Multikultural 2 7 T P/W  
62 NW72058 Skripsi 6 8 T W  
      20        
      147        

 

VISI

Pada tahun 2025 menjadi program studi unggulan dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang berbudaya sehat dan bereputasi Intenasional.



MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang ilmu Pendidikan Anak Usia Dini yang berbudaya.
  2. Mengembangkan budaya akademik yang berkarakter dan menyebarluaskan ilmu Pendidikan Anak Usia Dini dan teknologi melalui penyelenggaraan penelitian, publikasi ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Membentuk jaringan kerjasama dengan para pemangku kebijakan (stake holder) di dalam dan luar negeri dalam mengembangkan keilmuan Pendidikan Anak Usia Dini.
  4. Membentuk sistem manajemen program studi yang memiliki akuntabilitas dan aksesibilitas serta berbudaya organisasi yang kuat.

TUJUAN:
Adapun tujuan program studi Pendidikan Guru PAUD Universitas Ngudi Waluyo adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi holistic dibidang Pendidikan Anak Usia Dini, berperilaku etis dan professional dan mampu mengembangkan kompetensi secara mandiri dan berkelanjutan.
  2. Mengembangkan profesionalitas dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini untuk mengenali, mengamati, menemukan pendekatan dan penalaran ilmiah dalam rangka mencari dan menyelesaikan akar permasalahan yang dihadapi.
  3. Mendorong nilai-nilai keindonesiaan bagi kemaslahatan masyarakat Indonesia.
  4. Memiliki kehidupan akademik yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa dan jati diri Ngudi Waluyo.
  5. Memiliki dan mengembangkan budaya penelitian di kalangan dosen dan mahasiswa sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing.
  6. Terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil-hasil penelitian untuk menyelesaikan masalah-masalah manajemen aktual di masyarakat berdasarkan tanggung jawab sosial kepada masyarakat.
  7. Membentuk kerjasama dengan lembaga-lembaga atau instansi-instansi lain baik di dalam dan di luar negeri yang terkait dengan Pendidikan Anak Usia Dini untuk memperluas cakrawala lembaga.
  8. Memiliki sistem tata kelola organisasi yang organisasi yang menerapkan nilai-nilai budaya organisasi yang kuat.

BIDANG :PEMINATAN

  1. Seni
    1. Seni tari
    2. Seni musik
    3. Seni Suara
  2. Mahasiswa dapat mendalami berbagai macam seni yang meliputi seni tari, seni music dan seni suara.

  3. Bahasa

    Mahasiswa berkemampuan dalam berbagai bahasa meliputi bahasa lisan dan bahasa isyarat (tuna runguwicara) serta huruf braille (tuna netra).

  4. Multimedia

    Mahasiswa menguasai TI dan mampu berkreasi menciptakan pembelajaran melalui multimedia.


Kompetensi Lulusan:

  1. Menjadi guru PAUD yang professional dan berbudaya sehat dan bereputasi Internasional.
  2. Menjadi manajer PAUD berbudaya sehat bereputasi Internasional.
  3. Menjadi konsultasi PAUD berbudaya sehat dan bereputasi Internasional.
  4. Menjadi peneliti PAUD berbudaya sehat dan bereputasi Internasional.

Mata Kuliah yang akandiampu:

NO MATA KULIAH Jumlah SKS T P L/K Wajib / Pilihan

SEMESTER I

1 Agama 2 2 Wajib
2

Pendidikan Pancasila

2 2 Wajib
3

Bahasa Indonesia

2 2 Wajib
4

Pendidikan Jasmani AUD

2 1 1 Wajib
5

Pengantar IlmuPendidikan

2 2 Wajib
6

Konsep Dasar PAUD

3 2 Wajib
7

Perkembangan Anak Usia Dini I

3 2 Wajib
8

Antropobiologi

2

2

Wajib

9

Pengantar Ilmu Kesehatan

2

2

Wajib

 

Jumlah

20

19

1

-