Info News

Bakti Sosial PBL Kesmas II UNW Ungaran Melalui PJJ di Masa Pandemi Covid-19


Pengalaman Belajar Lapangan Kesehatan Masyarakat II (PBL Kesmas II) merupakan bagian dari proses pembelajaran bagi mahasiswa semester VI Program Studi Kesehatan Masyarakat (PSKM), Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Ngudi Waluyo (UNW) Ungaran. 

Tujuan dari kegiatan PBL II diharapkan mahasiswa mampu mengimplementasikan IPTEKS yang dikuasai untuk mengidentifikasi dan menetapkan masalah kesehatan masyarakat, mencari dan menetapkan penyebab masalah kesehatan di masyarakat, memberikan alternatif pemecahan masalah kesehatan masyarakat serta melakukan intervensi pemecahan masalah kesehatan di masyarakat.

Kegiatan PBL Kesmas II bersamaan dengan terjadinya pandemic global Corona Virus Diseases-19 (Covid-19) di Indonesia yang sedang menjadi perhatian seluruh dunia. Mengacu pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 36962/MPK.A/HK/2020 serta Surat Keputusan Rektor Universitas Ngudi Waluyo Nomor: 0120/B/-SK/UNW/IV/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi Covid-19, maka kegiatan PBL II tetap dilaksanakan dengan metode daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) tanpa mengesampingkan capaian pembelajaran yang harus dipenuhi.

Tema kegiatan PBL Kesmas II tahun ajaran 2019/2020 adalah “Mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sebagai Upaya Pencegahan Penularan Covid-19”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 2 tahap yaitu tanggap 8-20 Mei 2020 (Tahap I) dan dilanjutkan tanggal 2-13 Juni 2020 (Tahap II). Peserta dalam kegiatan PBL II ini adalah mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat, semester VI sebanyak 32 mahasiswa yang terbagi menjadi 7 kelompok. Dengan Koordinator: Yuliaji Siswanto, S.KM., M.Kes.(Epid) dan DPL :

1. Alfan Afandi, S.KM., M.Kes.Epid

2. Ita Puji Lestari, S.KM., M.Kes

3. Kartika Dian Pertiwi, S.K.M., M.Kes

4. Dr. Sigit Ambar Widyawati, S.K.M., M.Kes

5. Sri Lestari, S.K.M., M.Kes

6. Sri Wahyuni, S.KM., M.Kes

7. Yuliaji Siswanto, S.KM., M.Kes.(Epid)

PBL II dilaksanakan pada lingkungan RT/RW yang ditentukan dan telah disepakati oleh tiap-tiap kelompok. Terdapat 7 daerah yang menjadi tempat pelaksanaan PBL Kesmas II yaitu : 1. RT. 06 RW. 01 Desa Todanan, Kec. Todanan, Kab. Blora 2. Dusun Duwet RT 02/ RW 04, Kelurahan Klepu, Kecamatan Pringapus 3. Desa Kemambang, RT02/RW03, Kelurahan Kemambang, Kecamatan Banyubiru, Kab. Semarang 4. RW 8, Dusun Tegalwungu, Desa Kupen, Kecamatan Pringsurat, Temanggung 5. Jawar Utara Rt/Rw : 17/01 Blederan, Mojotengah, Wonosobo 6. Desa Sidoharjo. Dukuh Setulan. RT 02/RW 01. Kelurahan Sidoharjo. Kecamatan Pati. Kabupaten Pati. 7. RW 04 Dusun Bejiwetan Desa Kalibeji Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang K

egiatan ini merupakan upaya meningkatkan kemampuan dan skill calon Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) dalam melakukan diagnosa komunitas (Community Diagnosis), pemecahan masalahan kesehatan (Problem Solving Cycle) serta menyusun Plan of Action (PoA) untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui pemberdayaan lingkungan serta stakeholder. Kegiatan intervensi yang dilakukan 7 kelompok PBL Kesmas II meliputi : Edukasi tentang penggunaan masker yang baik dan benar, penyuluhan tentang cuci tangan pakai sabun (CTPS), sosialisasi tentang pentingnya ganti baju dan mandi setelah berpergian serta sosialisasi jaga jarak untuk mencegah penularan COVID-19.

Selain melaksanakan intervensi, mahasiswa juga melaksanakan kegiatan Bakti Sosial secara serentak pada hari Minggu, 21 Juni 2020 di wilayah tersebut sebagai bentuk kepedulian dan rasa ingin berbagi antar sesama di tengah pandemic COVID-19 yang berdampak langsung terhadap kehidupan masyarakat. Kelompok 1 PBL II melakukan bakti sosial dengan membagikan masker kain, handsanitizer dan sticker himbauan penggunaan masker. Kelompok 2 melakukan bakti sosial dengan membagikan masker, sabun dan tempat cuci tangan pada 37 KK di Dusun Duwet RT 02/ RW 04, Kelurahan Klepu, Kecamatan Pringapus. Kelompok 3 memberikan peralatan CTPS (sabun, handuk kecil), hand sanitizer, masker, dan poster CTPS. Kelompok 4 membagikan sembako kepada 20 warga RW.8 Dusun Tegalwungu, Temanggung. Sembako terdiri dari gula, minyak, mie eko, dan teh. Kelompok 5 melakukan bakti sosial dengan membagikan masker kain, sabun cuci tangan, hand sanitizer dan poster cara menggunakan masker yang baik kepada 22 warga Jawar Utara, Wonosobo. Kelompok 6 membagikan handsanitizer, sabun cuci tangan dan masker. Dan kelompok 7 PBL KESMAS II melakukan bakti sosial dengan membagikan handuk, handsanitizer, masker, sabun, poster himbauan kepada 30 warga RW 04 Dusun Bejiwetan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang serta 5 buah dirijen untuk tempat cuci tangan yang diberikan kepada setiap RT di wilayah tersebut.


Jl. Gedongsongo Candirejo - Ungaran
(Kab.Semarang) Jawa Tengah
Telp/Fax: (024)-6925408
Email: humas@unw.ac.id