Diklat Pengembangan Keprofesian Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Dewasa ini, dengan adanya sertifikasi guru para pendidik dituntut untuk mampu meneliti. Hal itu dibuktikan dari laporan portofolio guru yang mensyaratkan melampirkan karya tulisnya dalam sertifikasi guru dalam jabatan karena hal itulah maka guru-guru di sekolah harus dapat meneliti di kelasnya sendiri dengan tujuan memperbaiki kualitas pembelajarannya melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK sesungguhnya merupakan  implementasi dari kreativitas dan kekritisan seorang guru terhadap apa yang sehari-hari diamati dan dialaminya sehubungan dengan profesinya untuk menghasilkan kualitas pembelajaran yang lebih baik sehingga mencapai hasil belajar yang optimal.

 Namun masih banyak guru yang belum mengenal apa itu PTK . Sehingga tujuan dari DIKLAT PTK ini adalah mengajak atau memotivasi guru yang masih enggan mengadakan penelitian karena berbagai alasan untuk dapat mengembangkan potensi siswa yang ada di kelasnya. Dengan mengetahui potensi siswa, guru menjadi semakin dekat dengan para siswanya, dan terjadilah proses interaktif di antara guru dan siswa. Dengan memahami dan memperhatikan karakteristik setiap siswa, maka guru akan dapat mengembangkan potensi unik yang dimiliki oleh setiap siswa dengan melakukan berbagai tindakan yang terhimpun ke dalam sebuah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK yang dirancang guru, para guru diharapkan dapat menemukan potensi unik siswa yang berujung kepada peningkatan hasil belajar. 

Dengan latar belakang tersebut, Program Studi PGSD UNW menyelenggarakan Diklat Pengembangan Keprofesian melalui PTK yang bertema: "Melalui PTK Mewujudkan Terbentuknya Guru yang Profesional, Menghasilkan Kualitas Pembelajaran Yang Lebih Baik Sehingga Mencapai Hasil Belajar yang Optimal" di Aula UNW pada 24-25 Pebruari 2018. 





Kembali kehalaman sebelumnya Print


Jl. Gedongsongo Candirejo - Ungaran
(Kab.Semarang) Jawa Tengah
Telp/Fax: (024)-6925408
Email: humas@unw.ac.id