Era Globalisasi Sebagai Peluang Perguruan Tinggi

STAF Khusus Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti)  Abdul Wahid Maktub, berkunjung ke Universitas Ngudi Waluyo (UNW) dan memberikan pengarahan dan pembekalan kepada jajaran pengelola dan pejabat UNW serta berdiskusi tentang peluang dan tantangan perguruan tinggi di era globalisasi. 

Diskusi yang berlangsung selama kurang lebih dua jam di ruang sidang UNW hari Selasa (09/10/2018) ini sejalan dengan visi UNW sebagai Universitas Berbudaya Sehat dan Bereputasi Internasional tahun 2045. 

Pada diskusi itu, pria yang akrab disapa Gus Wahid, menjelaskan bahwa untuk mewujudkan visi perguruan tinggi harus dimulai dari sikap internal. Hal ini terkait dengan bagaimana semuq untuk sama-sama memiliki pandangan ke depan, sikap mental dan mindset serta paradigma dalam menghadapi era globalisasi.

“Era globalisasi yang ditandai kemajuan pesat di bidang teknologi informasi dan digitalisasi tidak bisa dihindari. Justru hal ini harus dimanfaatkan seoptimal mungkin dan dijadikan peluang bagi perkembangan dunia pendidikan tinggi ke depan. Di samping itu, agar tidak ketinggalan kita harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” ujarnya.

Mantan Duta Besar RI untuk Qatar ini juga menjelaskan, untuk menerobos dan meningkatkan eksistensi pergaulan internasional tentu harus menjalin relasi, networking dengan berbagai institusi lain dengan terlebih dulu  membuka diri, serta selalu berinovasi agar pihak lain tertarik dan mau menjalin kerjasama dengan kita.

“Diawali dengan visi yang besar, lalu visi itu dirasakan dan dilaksanakan bersama-sama, lalu peningkatan kualitas SDM, peningkatan standar mutu layanan dan mutu lulusan, perubahan paradigma pembelajaran dari hal-hal konvensional menuju globalisasi. Kemudian, lakukan berbagai invoasi, membuka diri dan siap berkompromi dengan semua situasi dan keadaan. Ketika semua ini mampu dilaksanakan, maka akan tercipta daya saing yang menjadi kebutuhan dan daya tarik dalam membangun networking baik level nasional maupun internasional,” pungkasnya.

Rektor UNW, Prof. Dr. Subyantoro, M.Hum. berterimakasih kepada Abdul Wahib Maktub yang telah menyempatkan diri berkunjung ke UNW dan memberikan motivasi, pengalaman serta aspirasi dalam upaya memajukan UNW di masa depan. "Semoga kehadirannya di UNW bisa memberikan pencerahan dan keberkahan bagi institusi dan bagi kita semua,” ujarnya.




Kembali kehalaman sebelumnya Print


Jl. Gedongsongo Candirejo - Ungaran
(Kab.Semarang) Jawa Tengah
Telp/Fax: (024)-6925408
Email: humas@unw.ac.id