Hidup Sehat dengan Hypnoterapi

Hypnoterapi pada dasarnya dapat diterapkan pada berbagai macam bidang keilmuan, salah satunya adalah ilmu kebidanan. Penerapannya pada bidang ilmu ini terkait dengan penanganan khusus pada ibu hamil yang akan menghadapi masa persalinan. "Keahlian hipnoterapi sangat membantu saat menangani ibu hami, ibu melahirkan, maupun pasca melahirkan, bahkan juga dengan bayi yang perlu penanganan,” ujar Ninik Christiani saat menyampaikan materi pada kegiatan Workshop & Presentasi Hasil Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Literature Review yang bertema "Hidup Sehat dengan Hypnoterapi" yang diadakan pada hari Selasa-Rabu (27-28/11/2018) di Aula Universitas Ngudi Waluyo.

Dijelaskan, ketika seorang ibu akan menjalani persalinan pikirannya akan bercampur aduk, antara kesakitan dan juga mungkin takut dan khawatir resiko yang akan ditimbulkan. Melalui keahlian bidan dalam hipnoterapikekhawatiran tersebut dapat diatasi dengan memberinya hipnotis untuk memberi rasa nyaman, tenang, dan tidak merasakan sakit. “Hipnoterapibisa membawa alam bawah sadar menjadi tenang dan rileks sehingga juga bisa mengurangi rasa sakit waktu melahirkan. Ibu menjalani persalinan tidak perlu ngeden,” jelasnya.  

Ketua Panitia Workshop Hypnotherapy, Cahyaningrum, S.SI.T, M.Kes mengatakan pelatihan hynoterapi diadakan bersamaan kegiatan ‘Workshop dan Presentasi Hasil Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Literature Review serta Kuliah Pakar’. Diikuti sebanyak 370 peserta yang sebagian besar siswa kebidanan dan keperawatan UNW, alumni, dan peserta umum dari beberapa rumah sakit di Ungaran, Ambarawa, dan Semarang




Kembali kehalaman sebelumnya Print


Jl. Gedongsongo Candirejo - Ungaran
(Kab.Semarang) Jawa Tengah
Telp/Fax: (024)-6925408
Email: humas@unw.ac.id