Kunjungan Industri Prodi Gizi UNW ke Solo dan Boyolali

Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ngudi Waluyo melakukan kegiatan kunjungan industri ke PT Aeroprima Food Service, Solo dan Pabrik Keju Indrakila di Boyolali pada hari Sabtu (19/01/2019). Kunjungan yang diikuti oleh sekitar 44 mahasiswa dari semester 5 dan semester 7 Prodi Gizi ini pada dasarnya bertujuan untuk menunjang pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan, Ilmu Teknologi Pangan dan Kewirausahaan. 

Pada kunjungan di PT Aeroprima Food Service Solo sebagai anak perusahaan PT Garuda Indonesia yang merupakan perusahaan penyedia layanan jasa katering untuk perusahaan penerbangan domestik maupun internasional, kunjungan diterima langsung oleh Div. Manager Aeroprima Agus Sutanto dan Diamond AP yang langsung memberikan pemaparan gambaran PT Aeroprima Food Service Solo dan kemudian paparan tentang observasi proses produksi yang dibagi menjadi tiga bagian utama, yakni proses pembersihan dan persiapan, proses pemasakan dan pendinginan serta proses pengemasan dan diakhiri dengan jamuan makan bersama dan penyerahan kenang-kenangan.  

Kegiatan berlanjut di Boyolali yang merupakan kabupaten penghasil susu sapi terbesar di Jawa Tengah, selain itu juga merupakan penghasil keju yang berkualitas yakni di Pabrik Keju Indrakila Boyolali. Dengan motif pengembangan ekonomi dengan pemanfaatan susu, pabrik keju Indrakila Boyolali telah memproduksi 9 jenis keju dengan variasi yang unik dan hanya dipasarkan secara lokal di Indonesia. Kunjungan UNW disambut langsung oleh Manajer Pabrik Keju Indrakila, Rony Anjas yang langsung memaparkan gambaran Pabrik Keju Indrakila Boyolali, proses produksi serta pemasarannya. Pada kunjungan tersebut, para mahasiswa diperbolehkan untuk mencicipi berbagai macam kudapan berbahan dasar keju.

"Selama kunjungan di Solo dan Boyolali ini, para mahasiswa mendapatkan banyak ilmu, seperti di PT Aeroprima yang telah menerapkan manajemen sistem penyelenggaraan makanan yang sesuai standar pelayanan makanan penerbangan. Kemudian di Pabrik Keju Indrakila, mahasiswa dapat menyaksikan secara langsung bagaimana cara memproduksi berbagai macam jenis keju dan pemasarannya" ujar Yolan Fatkhis Anisya, salah satu peserta yang mengungapkannya setelah berlangsungnya kegiatan tersebut.




Kembali kehalaman sebelumnya Print


Jl. Gedongsongo Candirejo - Ungaran
(Kab.Semarang) Jawa Tengah
Telp/Fax: (024)-6925408
Email: humas@unw.ac.id