Info News

Membangun Kepatuhan Protokol Kesehatan di New Normal


 Fakultas Hukum dan Humaniora Universitas Ngudi Waluyo (UNW) mengadakan kegiatan Webinar Nasional Program Studi Ilmu Hukum dan Humaniora dengan tema Kepatuhan dan Normalisasi Kehidupan Baru Melalui Protokol Kesehatan " The New Normal". Kegiatan webinar diadakan pada Kamis (09/07/2020) . Webinar ini dimoderasi  oleh Arista Candra Irawati SH, MH, Adv selaku dosen Hukum UNW dengan menghadirkan keynote speech dan narasumber Prof. Dr DYP. Sugiharto, M.Pd. Kons sebagai kepala LLDIKTI IV JATENG, Dr. H. Mundjirin ES.SP.OG Bupati Kabupaten Semarang, Prof Dr. Edi Listiyono, SH.M.Hum Dekan Fakultas Hukum UNTAG ahli keperdataan, Dr. Lita Tyesta A.I.W SH, M.Hum pakar hukum HTN dan HAN Undip, serta Dr.Krismono Irwanto, MH.Kes Direktur RS RSPAD Gatot Soebroto Jakarta Pusat. 

Peserta webinar  dari kalangan akademisi, kalangan penegak hukum, unsur masyarakat, pemerintah kota dan daerah serta dosen dan mahasiswa. Latar belakang Webinar ini pandemi Covid 19 yang masih berjalan membawa kepada konsep New Normal Pemerintah dengan mengeluarkan Surat Edaran Menteri Kesehatan No HK. 02.01/MENKES/335/2020 pada 20 Mei 2020 tentang protokol kesehatan. Penularan Corona Virus Disease 2019(Covid 19) yang digunakan sebagai salah satu pendukung berjalannya The New Normal atau fase kehidupan baru setelah pandemi virus Corona menghantam dunia. Meski masih menjadi polemik beberapa pihak, pengamat dan masyarakat meragukan kesiapan ini, sebab hingga kini panduan terkait protokol kesehatan di era fase kehidupan baru "The New Normal" sehingga belum terlaksana maksimal. Pemerintah semestinya tetap harus konsisten menjalankan hal ini. Juga soal sosialisasi pada publik bagaimana media literasi publik dapat menjangkau masyarakat luas harus disiasati oleh banyak stakeholders bukan hanya masyarakat. Penting untuk mengidentifikasi terkait sosialisasi The New Normal, disamping itu media apa yang akan dipergunakan untuk melakukan sosialisasi protokol kesehatan di masing-masing sektor aktivitas masyarakat. Ini juga menjadi hal penting karena tingkat kepercayaan masyarakat saat ini menjadi kunci bagi suksesnya pelaksanaan New Normal apalagi saat ini tingkat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah menurun  terutama karena respon. 

Acara webinar dimulai dari pembukaan sekaligus penjelasan oleh Rektor UNW. Pandemi telah mempengaruhi kesehatan, perekonomian, keagamaan pada pandemi mempengaruhi interaksi tidak bersalaman, perlu jaga jarak, serta mempengaruhi psikologis. Rektor menyampaikan bahwa tidak ada yang bisa menjamin kapan pandemi ini segera berakhir, ditengah ketidak stabilan pemerintah mengadakan kehidupan normal baru. "Melalui Webinar kita bisa di posisi mana kita menempatkan diri dan mematuhi protokol kesehatan. Semoga webinar bisa menjadi kemanfaatan dan bagi peserta webinar mendapat kemaslahatan dari webinar ini" Ujar Rektor UNW. 

Prof.Dr.DYP Sugiharto, M.Pd.Kons menjelaskan bagaimana membangun kepatuhan protokol kesehatan 

1.Membangun keyakinan akan kemampuan diri untuk mengelola dan melakukan tindakan untuk mencapai tujuan

2.Mengubah perilaku yang dalam proses nya seseorang mengarahkan perubahan perilakunya sendiri melalui pengambilan keputusan dan penentuan pilihan secara bertanggung jawab.


Jl. Gedongsongo Candirejo - Ungaran
(Kab.Semarang) Jawa Tengah
Telp/Fax: (024)-6925408
Email: humas@unw.ac.id