Info News

Pharmacymphony "Begin With Contributions, Next to be Inspirations"


Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa di masa depan seorang mahasiswa tidak hanya akan mengandalkan indeks prestasi yang tinggi namun ada elemen penting lain yang tidak didapatkan dari bangku kuliah yakni "soft skill".  Setiap mahasiswa pasti punya potensi dalam diri untuk mencapai hal yang diinginkan dan soft skill tersebut sangatlah dibutuhkan untuk mencapai hal tersebut seperti prestasi, cita-cita, pekerjaan dan lain sebagainya. Soft skill itu sendiri adalah istilah sosiologis yang berkaitan dengan kecerdasan emosional, sifat, kepribadian, keterampilan sosial, komunikasi, kebiasaan dan optimisme yang mencirikan kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain. 

Dengan latar belakang itu, Himpunan Mahasiswa Prodi Farmasi Universitas Ngudi Waluyo (Himafarsi) mengadakan kegiatan  “Pharmacymphony" yang diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa farmasi dalam menampung dan menyalurkan setiap potensi yang dimiliki oleh mahasiswa sekaligus mengasah soft skill mereka.  Potensi – potensi yang ada tersebut patut dikembangkan dan mendapat apresiasi. Di dalam wadah tersebut mahasiswa akan dilatih dengan keahlian-keahlian dalam bidang keorganisasian, kemasyarakatan, dan bakat minat sehingga mahasiswa dapat terjun ke masyarakat memfungsikan dirinya secara mantap, karena kredibilitas seorang mahasiswa dapat dilihat ketika mahasiswa tersebut tanggap dan mampu mengkritisi dinamika kehidupan sosial dan kondisi keilmuan yang tengah terjadi.

Kegiatan Pharmacymphony tersebut terdiri dari beberapa rangkaian acara seperti Donor Darah,  Workshop PCC (Patient Counseling Community), Pharmacist Gathering, Himafarsi Award, dan LKMMF I (Latihan Kepemimpinan Managerial Mahasiswa Farmasi I).

Donor Darah yang diselenggarakan Himafarsi ini bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia. Dilaksanakannya program donor darah ini menunjukkan bahwa kegiatan Pharmacymphony dapat memberikan manfaat kemanusiaan secara luas. Kemudian Workshop PCC  diadakan untuk menginisiasi pembentukan Klub Konseling Pasien pada setiap universitas yang memiliki jurusan farmasi. Workshop PCC ini bertujuan utuk mengupgrade kualitas mahasiswa farmasi melalui kegiatan ini. 

Pada acara Pharmacist Gathering, diharapkan akan tumbuh rasa kebersamaan di antara mahasiswa farmasi .  Himafarsi Award adalah ajang dimana seluruh komponen dalam bidang farmasi diberikan penghargaan atas apa yang telah diusahakan untuk kemajuan Farmasi UNW. Agenda penting dalam kegiatan Pharmacymphony adalah LKMMF I (Latihan Kepemimpinan Managerial Mahasiswa Farmasi I) yang diadakan rutin setiap tahunnya oleh Ikatan Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (ISMAFARSI) dengan tujuan menciptakan kader yang bertanggung jawab, berkepribadian, mempunyai jiwa kepemimpinan yang profesional dan berintelektual tinggi serta peduli terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kefarmasian. Selain itu juga bertujuan untuk mengembangkan wawasan mahasiswa - mahasiswi farmasi Indonesia dalam bidang kesehatan khususnya kefarmasian .

Kegiatan Pharmacymphony yang bertema "Begin With Contributions, Next to be Inspirations" ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UNW, Heny Setyowati, S.Si.T., M.Kes. di Gedung O Prodi Farmasi UNW pada Jum'at (13/12/2019).  "Semoga kreativitas, ide serta inovasi dapat tercipta dari kegiatan ini dan kebersamaan, kerjasama serta kepedulian akan dapat lebih ditingkatkan lagi" ujarnya saat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut. 



Jl. Gedongsongo Candirejo - Ungaran
(Kab.Semarang) Jawa Tengah
Telp/Fax: (024)-6925408
Email: humas@unw.ac.id