Info News

Seminar Nasional "Stop Pergaulan Bebas, Virusmu Bukan Untukku"


     Infeksi Menular Seksual (IMS) merupakan masalah kesehatan yang besar dan merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia. Penyakit yang disebabkan oleh IMS ini dapat mempengaruhi kehidupan sosial dan dan bahkan perekonomian terutama pada negara-negara berkembang.  Bank Dunia memperkirakan bahwa untuk wanita usia 15 - 44 tahun, IMS  termasuk di dalamnya infeksi HIV, sifilis, gonorea adalah penyebab kedua hilangnya hidup sehat setelah morbiditas maternal.

    Prodi S1 Kebidanan Universitas Ngudi Waluyo (UNW) menggunakan latar belakang tersebut  untuk mengadakan Seminar Nasional bertajuk "Stop Pergaulan Bebas, Virusmu Bukan Untukku" (Rahasia Infeksi Menular Seksual Menghantui Pelaku Pergaulan Bebas) yang diselenggarakan di Aula UNW pada Sabtu (18/01/2020). Pada seminar yang dihadiri oleh 385 peserta dari berbagai latar belakang mulai dari siswa menengah atas sampai tenaga kesehatan se-Jawa Tengah ini menghadirkan Dr. Danar Wicaksono, Bd.Hj. Istirochah, S.Si.T., M.Kes. dan Heni Hirawati Pranoto, S.Si.T., M.Kes. sebagai pembicara.   

    Pada dasarnya Seminar ini diadakan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta wawasan masyarakat tentang IMS dan cara pencegahan agar terbentuk masyarakat yang berbudaya sehat baik sehat secara fisik, mental maupun sosial.  Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat tidak hanya pada mahasiswa maupun tenaga kesehatan namun juga pada masyarakat umum secara luas. Bagaimanapun juga derajad  kesehatan pada masyarakat perlu ditingkatkan dengan menanamkan sikap peduli pada bahaya IMS serta mencegahnya penyebaran IMS. 

    Ada beberapa pencegahan yang dapat dilakukan untuk menekan peningkatan angka kejadian IMS antara lain memutuskan rantai penularan IMS, mecegah berkembangnya IMS serta komplikasinya, tidak melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan serta menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual. Penggunaan kondom secara konsisten merupakan cara yang efektif untuk mencegah penularan IMS.  

    


Jl. Gedongsongo Candirejo - Ungaran
(Kab.Semarang) Jawa Tengah
Telp/Fax: (024)-6925408
Email: humas@unw.ac.id