UNW Mendorong Inovasi Olahan Pangan Berbasis Pangan Lokal

Seperti yang telah diketahui bahwa Indonesia memiliki keragaman hayati yang dapat dimanfaatkan secara optimal menjadi berbagai macam olahan pangan. Mulai dari buah-buahan, sayuran sampai bahan pangan yang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan.  Dengan latar belakang tersebut, Program Studi Gizi Universitas Ngudi Waluyo mengadakan kompetisi mengolah produk pangan berbasis pangan lokal untuk dijadikan sebagai makanan kudapan. 

Kompetisi yang diadakan untuk memperingati Hari Pangan Sedunia ini dikuti oleh 8 kelompok yang berasal dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi di wilayah Semarang dan sekitarnya. Pada dasarnya kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi para peserta untuk mengembangkan produk pangan lokal untuk menjadi kudapan sehari-hari. Adapun juara kompetisi yang diadakan di Laboratorium Kuliner Program Studi Gizi pada Minggu (29/12/2018) ini adalah Kelompok 7 dari Gabungan Prodi D III Kebidanan UNW dan Prodi Gizi, Thalia Dhea dan Nadya Eristiana yang berhasil meraih posisi ke-3 dengan kudapan Risoles Mix Fruit, posisi ke-2 diraih oleh kelompok 5 dari SMAN 2 Ambarawa yang digawangi oleh Annisaul Islamiyah dan Dessya Fitriana Nugraheni yang membuat Burger dengan bahan dasar singkong, sedangkan posisi juara 1 berhasil diraih oleh kelompok 6, pasangan dari Prodi Gizi Muhammad Iqbal Salim dan Nur Febrianty Putri yang membuat nugget pisang. Pada kompetisi tersebut, para juara berhak mendapatkan sertifikat dan uang pembinaan dan yang terpenting adalah motivasi untuk selalu mengasah kreativitas dan inovasi dalam mengolah makanan berbasis pangan lokal.

Kompetisi ini selain menghadirkan Indri Mulyasari, Kaprodi Gizi UNW dan Dyah Kartika Wening, seorang staf pengajar Prodi Gizi UNW juga menghadirkan Hery, seorang Chef dari Balemong Resort Ungaran sebagai Dewan Juri. “Dipilihnya pisang sebagai bahan dasar olahan makanan adalah karena pisang adalah buah yang mudah didapatkan di Indonesia, selain murah dan ada di segala musim, pisang adalah buah yang mempunyai kandungan gizi tinggi” ujar Muhammad Iqbal sesaat setelah acara kompetisi itu berakhir.  




Kembali kehalaman sebelumnya Print


Jl. Gedongsongo Candirejo - Ungaran
(Kab.Semarang) Jawa Tengah
Telp/Fax: (024)-6925408
Email: humas@unw.ac.id