UNW Mendukung Penuh Gerakan Literasi Nasional

Literasi adalah kemampuan seseorang untuk membaca dan menulis serta mengenali dan memahami ide-ide yang disampaikan dalam tulisan tersebut. Oleh karena itu budaya literasi bangsa ini harus senantiasa ditingkatkan. Meningkatkan literasi bangsa itu sendiri perlu dibingkai dalam sebuah gerakan nasional yang terintegrasi dan dilaksanakan secara menyeluruh mulai dari ranah keluarga sampai sekolah dan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam rangka penguatan budaya literasi bangsa ini, Universitas Ngudi Waluyo (UNW) bekerjasama dengan Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) membentuk Komisariat Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI). HISKI itu sendiri adalah sebuah organisasi yang telah dibentuk sejak tahun 1984 dan telah berperan serta dalam mendukung gerakan literasi nasional. Hal ini nampak dari tujuan dibentuknya HISKI yakni untuk membina dan mengembangkan kreativitas anggotanya di bidang kesusastraan, kemudian menyebarluaskan hasil kegiatannya demi kemajuan pengetahuan, pendidikan dan kebudayaan serta meningkatkan apresiasi kesusastraan di kalangan masyarakat. 

 Kerjasama dalam pembentukan komisariat HISKI antara UNW dan UPGRIS selain untuk menyamakan persepsi, menggalang satu kesatuan visi Himpunan juga sebagai wadah untuk belajar, menambah pengetahuan dan pengalaman serta pengembangan diri. Kedua Universitas tersebut masing-masing memiliki program-program yang terkait dengan pengembangan budaya dan sastra, oleh karenanya keberadaan himpunan ini sangat membantu dalam mewujudkan visi UNW menjadi Universitas bertaraf Internasional, karena HISKI mampu berkontribusi secara akademik dan kultural melalui kesastraan. 

Pembentukan komisariat HISKI tersebut ditandai dengan bedah novel "Gunung Ungaran" karya Nurhayati Sri Hardini Siti Sukatin yang lebih dikenal dengan nama NH. Dini. Kegiatan bedah novel tersebut diadakan di kampus UNW pada selasa (15/06/2018) dan dihadiri oleh pencinta sastra, mahasiswa UNW dan UPGRIS serta dosen-dosen di lingkungan UNW dan UPGRIS.





Kembali kehalaman sebelumnya Print


Jl. Gedongsongo Candirejo - Ungaran
(Kab.Semarang) Jawa Tengah
Telp/Fax: (024)-6925408
Email: humas@unw.ac.id