UNW Mengadakan Workshop Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Jepang

Indonesia selama ini dikenal sebagai negara ke dua di dunia yang penduduknya banyak mempelajari Bahasa Jepang.   Banyak lembaga formal maupun informal yang memberikan pelajaran tambahan bahasa Jepang. Namun permasalahan yang  sering dihadapi dalam pengajaran bahasa Jepang ini  adalah masalah penggunaan buku ajar yang menjadi sumber acuan, selain kurangnya kemampuan pengajar untuk membuat dan mengembangkan sendiri bahan ajar . 

Dengan latar belakang seperti itu, Prodi Sastra Jepang Universitas Ngudi Waluyo bekerjasama dengan The Japan Foundation mengadakan kerjasama terkait pengajaran bahasa Jepang di UNW. The Japan Foundation  selain memberi bantuan berupa buku-buku materi ajar Bahasa Jepang juga sekaligus mengadakan Workshop cara mengajar menggunakan buku "Marugoto", menyusun dan membuat bahan ajar serta mengembangkannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas .  Buku Marugoto itu sendiri adalah buku dengan materi yang dirancang dengan menitikberatkan perihal berkomunikasi dalam bahasa Jepang dan sekaligus memahami perbedaan budayanya. 

Pada workshop yang diselenggarakan di Aula Gedung M UNW , Senin (18/02/2019) ini, dihadiri perwakilan dari 24 sekolah menengah maupun perguruan tinggi di Jawa Tengah yang mengajarkan bahasa Jepang. Workshop ini diharapkan akan memberikan wahana baru dalam proses belajar mengajar bahasa Jepang di institusi masing-masing sehingga hasilnya akan berdampak positif bagi peserta didik.  Para peserta workshop diharapkan mendapatkan banyak manfaat dari workshop tersebut, mulai dari mengetahui cara menggunakan buku ajar Marugoto dalam pembelajaran, mendesain kelas bahasa Jepang dengan manajemen yang baik, mampu memahami model-model pembelajaran bahasa Jepang, peserta juga bisa memiliki karya bahan ajar yang dapat diterapkan di dalam proses belajar mengajar di institusinya masing-masing.  Selain itu, diadakannya workshop yang menghadirkan narasumber Mr. Okamoto Taku, M.A. dari The Japan Foundation  ini adalah juga upaya sosialisasi UNW terutama Program Studi Sastra Jepang kepada seluruh pengajar bahasa Jepang di seluruh Jawa Tengah  dan sekitarnya. 





Kembali kehalaman sebelumnya Print


Jl. Gedongsongo Candirejo - Ungaran
(Kab.Semarang) Jawa Tengah
Telp/Fax: (024)-6925408
Email: humas@unw.ac.id