UNW Siap Wujudkan Kawasan Tanpa Rokok

Semua orang memiliki hak untuk menghirup udara bersih. Tidak ada tingkat aman dari paparan asap rokok  baik dia perokok aktif maupun pasif sama-sama tidak akan lepas dari resiko penyakit jantung, kanker, dan banyak penyakit lainnya. Larangan merokok di tempat umum, termasuk lingkungan kerja di dalam ruangan dapat melindungi masyarakat dari bahaya menjadi perokok pasif, membantu perokok untuk berhenti merokok dan mengurangi perokok pemula dari kalangan remaja. Hal tersebut yang mendasari mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ngudi Waluyo  menjadikan desa Gebugan, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang sebagai daerah percontohan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang harapannya dapat ditiru oleh kawasan-kawasan lain di Kabupaten Semarang. 

Inisiasi KTR di desa Gebugan tersebut juga sudah mempunyai landasan hukum yang kuat yakni Peraturan Pemerintah No. 109 Tahun 2012 serta Peraturan Bersama Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Tentang Pedoman Pelaksanaan KTR.  Program Penelitian Serta Pengabdian Masyarakat melalui Praktik Belajar Lapangan (PBL) Kesehatan Masyarakat II  dalam pelaksanaan KTR ini bisa bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Semarang dalam mensukseskan Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) mengingat UNW telah mempunyai nota kesepahaman dengan Pemkab Semarang terkait dengan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dimana Pengabdian Masyarakat adalah salah satu poin utama di dalamnya. 

"Mewujudkan KTR di Desa Gebugan  adalah upaya menginisiasi desa-desa lain di wilayah Kabupaten Semarang untuk dapat menerapkan program serupa, sehingga masyarakat dapat hidup bebas asap rokok" Demikian dikatakan Alfan Afandi, SKM., M.Kes. Kaprodi Kesmas UNW saat melakukan penarikan mahasiswa PBL  Kesehatan Masyarakat II di Balai Desa Gebugan pada Selasa (30/04/2019). Dia menyatakan bahwa yang dilakukan  ini adalah bukti kemampuan UNW dalam menghadapi tantangan permasalahan kesehatan yang ada di wilayah Kabupaten Semarang mengingat posisi geografis UNW yang berada di wilayah pemerintahan Kabupaten Semarang. "Pelaksanaan Program KTR ini juga selaras dengan  visi UNW sebagai Universitas yang membangun peradaban unggul melalui budaya sehat" pungkasnya.

Adapun Deklarasi Kawasan Tanpa Rokok sudah dilakukan di kantor Kelurahan Desa Gebugan, dengan harapan minimal bisa menurunkan perilaku bebas merokok di kantor pemerintahan desa dan dapat dicontoh kantor-kantor pemerintahan di wilayah lain. Deklarasi tersebut dihadiri oleh  Kepala Desa Gebugan, Babinsa, Babinkantibmas, dan dari Pihak Puskesmas Bergas. Selain Inisiasi Program KTR di Desa Gebugan dalam kegiatan PBL Kesehatan Masyarakat II ini Mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat UNW juga melaksanakan beberapa kegiatan antara lain program Minggu Sehat Tanpa Asap Rokok berupa olah raga bersama yang dilakukan sebanyak 2 kali dalam satu minggu, selanjutnya upaya pencegahan DBD, serta pengelolaan sampah melalui upaya reuse sampah anorganik & pembuatan kompos dengan takakura.





Kembali kehalaman sebelumnya Print


Jl. Gedongsongo Candirejo - Ungaran
(Kab.Semarang) Jawa Tengah
Telp/Fax: (024)-6925408
Email: humas@unw.ac.id