Info News

UPACARA HARI KEBANGKITAN NASIONAL


Dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke 114 pada tanggal 20 Mei 2022, dengan ini disampaikan bahwa tema peringatan Harkitnas tahun ini adalah “Ayo Bangkit Bersama". Tema ini dipilih agar Harkitnas ini dapat menjadi momentum bagi seluruh masyakarat Indonesia sebagai bangsa yang besar untuk bersama-sama mengobarkan semangat bangkit dari pandemi Covid-19 yang telah lebih dari 2 tahun menyerang dan turut berefek di segala sendi kehidupan.
Sehubungan dengan itu, maka Universitas Ngudi Waluyo menyelenggarakan Upacara Hari Kebangkitan Nasional. Upacara tersebut merupakan upacara pertama setelah lebih dari 2 tahun tidak menyelenggarakan upacara selama pandemi Covid-19. Kegiatan upacara berlangsung di halaman gedung Rektorat UNW, yang diikuti oleh seluruh civitas akademika UNW dan Yayasan Ngudi Waluyo Ungaran.
Rektor UNW, Prof. Dr. Subyantoro, M.Hum, selaku Pembina Upacara tersebut, membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika, Bapak Johnny G. Plate. Pada sambutan tersebut, dibacakan bahwa Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.
Diakhir upacara, Rektor UNW mengajak seluruh civitas akademika UNW untuk semangat dalam kebangkitan nasional. “Mari kita jadikan momentum hari kebangkitan nasional ini sebagai semangat untuk pulih kembali dari krisis multidemensional akibat pandemi Covid-19 dan dari krisis global. UNW terus bangkit menata kelembagaan agar makin dipercaya masyarakat luas.”


Jl. Gedongsongo Candirejo - Ungaran
(Kab.Semarang) Jawa Tengah
Telp/Fax: (024)-6925408
Email: humas@unw.ac.id