Info News

Webinar Self Healing Prodi D III Kebidanan UNW


Webinar Self Healing untuk mengurangi kecemasan pada ibu hamil dalam menghadapi new normal

Universitas Ngudi Waluyo(UNW) mengadakan webinar bertempat di Gedung E Universitas Ngudi Waluyo pada Rabu (24/06/2020).  Acara tersebut diadakan secara online oleh dosen prodi Kebidanan Universitas Ngudi Waluyo dengan menghadirkan narasumber yaitu Dr.Melyana Nurul Widyawati, S.Si.T.,M.Kes , Hj Sumarsih, S.ST.,MH ( Ketua IBI) dan Heni Hirawati P, S.SiT., M.Kes selaku dosen kebidanan departemen kehamilan dan di ikuti 2000 peserta webinar. Webinar diadakan untuk merayakan Ulang Tahun IBI( Ikatan Bidan Indonesia) ke 69. Dengan tema pelayanan kebidanan komplementer yang bertujuan memberikan gambaran tentang praktek kebidanan komplementer dalam pelayanan kebidanan dalam menghadapi new normal, sasaran yang dituju mahasiswa, tenaga kesehatan dan dosen.

Penjelasan pertama oleh  dosen kebidanan Heni Hirawati Kecemasan ibu hamil adalah reaksi ibu hamil terhadap perubahan dirinya dan lingkungannya. Kecemasan pada ibu hamil akan bertambah besar ketika jadwal persalinan semakin dekat. "Ibu menderita setres dan cemas saat kehamilan mengalami peningkatan lepasnya hormon sehingga menyebabkan gangguan aliran darah di dalam rahim. Kesehatan ibu hamil pada era covid 19 harus menjadi sekala prioritas, hingga saat ini belum ada bukti menyatakan ibu hamil lebih beresiko terkena covid 19. Namun karena ada perubahan tubuh dan imunitas dipercaya ibu hamil memiliki resiko tinggi untuk terjadinya penyakit berat", Ungkapnya. Masa pandemi situasi yang kurang kondusif, indonesia memasuki fase new normal. Dengan adanya new normal kecemasan dan kekhawatiran pada ibu hamil. Perlu ada penanganan dengan terapi komplementer sebagai alternatif dan pendukung pelayanan kebidanan dalam mengatasi kecemasan ibu hamil salah satunya self healing yaitu proses pemulihan dari gangguan psikologis, trauma dan lainnya yang disebabkan orang lain atau diri sendiri yang terjadi di masa lalu. Dilanjut Hj.Sumarsih selaku ketua IBI Jateng  menjelaskan pelayanan kesehatan pada ibu hamil. " Harapan IBI mendapat dukungan sarana dan prasarana dalam upaya peningkatan pelayanan kebidanan, utamanya APD dalam era pandemi covid 19, penguatan peran bidan di era pandemi, peningkatan kemampuan teknis bidan" Ujar Ketua IBI.

Di akhiri penjelasan dari Dr.Melyana Nurul memberikan tips masalah emosi untuk bisa membantu  menyembuhkan diri sendiri dari dalam. Cara penyembuhan dengan 4 cara yaitu me time, berdialog dengan diri sendiri, berdamai dengan keadaan dan mindfullness berpikir dengan kesadaran yang penuh. Tumpuan kekuatan self healing yaitu pertolongan Allah, kekuatan kata  tindakan ikhlas dan pasrah.


Jl. Gedongsongo Candirejo - Ungaran
(Kab.Semarang) Jawa Tengah
Telp/Fax: (024)-6925408
Email: humas@unw.ac.id